WARTALIKA.id – Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung rencana Indonesia Carbon Trade Association (IDCTA) menyelenggarakan event Carbon Digital Conference 2023 pada 8-10 November 2023 di Bali. Membahas berbagai upaya pelaku perdagangan karbon dan digital dalam mengambil peluang sekaligus mengatasi tantangan seputar ekonomi perdagangan karbon.

“Pengembangan perdagangan karbon bisa meningkatkan pendapatan antar penduduk di berbagai provinsi melalui penciptaan lapangan kerja ramah lingkungan. Seperti konservasi dan reboisasi, pertanian berkelanjutan, dan ekowisata. Carbon Digital Conference juga menjadi ruang bagi pelaku startup teknologi iklim untuk menunjukan kehebatan mereka melakukan disruptif dalam industri ramah lingkungan,” ujar Bamsoet usai menerima Pengurus IDCTA, di Jakarta, Selasa (5/9/23).

Pengurus IDCTA yang hadir antara lain, Ketua Umum Riza Suarga, Wakil ketua Umum Poempida Hidayatulloh, serta Bendahara Umum Muh Muthowali Kuntjoro.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini juga mengajak para pelaku usaha memanfaatkan Perpres No.98/2021 tentang Penyelenggaraan Nilai Ekonomi Karbon (NEK). Sebagai upaya mencapai Net Zero Emission (NZE) di tahun 2060, maupun Nationally Determined Contribution (NDC) berupa penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 29 persen dengan kemampuan sendiri dan 41 persen dengan dukungan internasional pada tahun 2030.

”SPACEIKLAN”