WARTALIKA.id – Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, melaksanakan Rapat Pleno Eksekutif IMI, di Jakarta, Selasa 12 September 2023, dalam rangka persiapan berbagai event balap internasional bergengsi untuk Indonesia. Antara lain, FIA Asia Pacific Rally Championship (APRC) Asia Rally Cup di kawasan Danau Toba Sumatera Utara.

Bambang Soesatyo mengungkapkan, IMI mendapat kepercayaan FIA (Fédération Internationale de l’Automobile) sebagai tuan rumah Roundtable Conference FIA Region Dua pada 18-19 September 2023 di Bali. IMI juga mendapatkan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) Grant, kontrak sebesar USD 50.000 dalam bentuk pemberian pelatihan dengan mengirimkan instruktur selama 2,5 tahun.

Lokasi pelatihan di Pertamina Mandalika International Circuit. Tujuannya untuk melatih tenaga lokal dari mulai marshal, COC, medical, safety office, hingga race control, agar siap dan sesuai dengan standard penyelenggaraan balap internasional.

Selain tergabung dalam FIA dan FIM, IMI juga bergabung dalam Union Internationale Motonautique (UIM), sehingga Indonesia bisa menjadi tuan rumah F1H20 Poweboat selama lima tahun, sejak tahun 2023 dan akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan World Championship Air Race (WCAR) tahun depan.

”SPACEIKLAN”

“IMI juga telah menerima atlet World Championship Air Race Indonesia, Jeffrey Adrian, serta komunitas Air Race (Aero Motorsport) yang akan bergabung dalam keluarga besar IMI Mobilitas. Dengan demikian, Air Race Indonesia memiliki induk organisasi, sehingga Indonesia bisa menjadi tuan rumah penyelenggaraan World Championship Air Race (WCAR). Meneguhkan peran IMI dalam membina olahraga dan mobilitas otomotif di darat, air dan udara,” ujar Bamsoet dalam Rapat Pleno Eksekutif IMI, di Jakarta, Selasa (12/9/23).

Turut hadir para pengurus IMI Pusat antara lain, Badan Pengawas Brigjen Pol (purn) Agus Sutisna, Bendahara Umum Iwan Budi Buana, Wakil Ketua Umum Organisasi M. Riyanto, Wakil Ketua Umum Olahraga Mobil Ananda Mikola, Wakil Ketua Umum IT dan Digital Tengku Irvan Bahran, Wakil Ketua Umum Mobilitas Rifat Sungkar, Wakil Ketua Umum Hubungan Antar Lembaga Junaidi Elvis, Wakil Ketua Umum Promosi dan Komersil Effendy Gunawan, Deputi Wakil Ketua Umum Olahraga Motor Eddy Saputra, serta Komunikasi dan Media Dwi Nugroho dan Hasby Zamri.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, memasuki akhir tahun 2023, IMI masih menyiapkan berbagai event balap internasional bergengsi untuk Indonesia. Antara lain, FIA Asia Pacific Rally Championship (APRC) Asia Rally Cup di kawasan Danau Toba Sumatera Utara pada 22-24 September 2023. Puncaknya yakni MotoGP Mandalika pada 15-16 Oktober 2023 di NTB.