“Sehingga, Polri berhasil menempati peringkat ke-11 pada kategori kepolisian negara yang paling berkontribusi pada misi pemeliharaan perdamaian PBB atau police contributing country,” jelas Sigit.

Selain itu, pada tahun 2023, Polri berada di peringkat pertama se-ASEAN dalam hal pengaruh diplomatis (diplomatic influence) dan peringkat ke 9 dari 26 negara dalam hal kekuatan komprehensif.

“Tentu, capaian tersebut harus terus ditingkatkan oleh seluruh komponen bangsa, termasuk rekan-rekan sekalian, sebagai pasukan pemeliharaan perdamaian,” katanya.

 

”SPACEIKLAN”

Di akhir amanatnya, Sigit menekankan lima amanat kepada pasukan FPU 5 Minusca yang bertugas di misi perdamaian PBB di Afrika Tengah.

Pertama, Sigit meminta seluruh personel FPU 5 Minusca meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa.

Kedua, pasukan Garuda Bhayangkara FPU 5 Minusca harus mampu beradaptasi di wilayah misi dan menghindari segala bentuk penyimpangan sekecil apa pun demi menjaga nama baik institusi Polri dan Indonesia.

Ketiga, Sigit meminta personel Garuda Bhayangkara menjadikan perlindungan kepada masyarakat sebagai prioritas utama.

Keempat, seluruh personel penjaga perdamaian itu harus mampu menjaga kekompakan dan soliditas internal Garuda Bhayangkara FPU 5 Minusca dan bersinergi dengan kontingen negara lain, pemerintah setempat, kepolisian setempat, serta organisasi internasional supaya mendukung pelaksanaan tugas.

“Yang terakhir, saya mengucapkan selamat bertugas. Saya titipkan nama institusi Polri maupun bangsa Indonesia di pundak rekan-rekan sekalian. Kami semua berharap rekan-rekan senantiasa diberikan keselamatan kekuatan, sehingga nantinya dapat kembali ke Tanah Air tanpa kurang satu apa pun,” ujar Listyo Sigit.