WARTALIKA.id – Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Pendiri Universitas Perwira Purbalingga (UNPERBA) Bambang Soesatyo mengapresiasi salah satu faktor kemajuan Korea Selatan yakni bergulirnya Saemaul Undong, atau Gerakan Desa Membangun. Sebuah prakarsa politik yang diluncurkan pada 22 April 1970 oleh Presiden Korea Selatan saat itu, Park Chung-hee untuk memodernisasi ekonomi pedesaan Korea Selatan.

Hal itu disampaikan Bamsoet saat memenuhi undangan Wakil Gubernur Provinsi Gyeongsangbuk-do, Korea Selatan Mrs. Dal Hee Lee di kantor pemerintah provinsi Gyeongsangbuk-do, Korea Selatan, Selasa (19/9/2023).

Dalam kunjungan balasan guna peningkatan kerjasama ekonomi tersebut, Mrs. Dal Her Lee atas nama Gubernur Gyeongsangbuk-do, Korea Selatan memberikan kepercayaan kepada Bamsoet menjadi Penasihat Kebijakan Ekonomi Provinsi Gyeongsangbuk-Do, Korea Selatan. Guna memberi nasihat tentang peningkatan kerjasama ekonomi dan perdagangan antara Gyeongsangbuk-Do dan Indonesia.

Selain Bamsoet, Anggota Komisi X DPR RI Robert Kardinal, Ketua Komite II DPD RI Yorrys Raweyai, serta Sekretaris Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia Junaidi Elvis, juga diminta menjadi anggota kerjasama Kelompok Penasihat untuk Kerjasama dan Pembangunan di Sektor Ekonomi dan Perdagangan antara Gyeongsangbuk-do dan Indonesia.

”SPACEIKLAN”

“Saya juga mengapresiasi komitmen pemerintah Provinsi Gyeongsangbuk-do terhadap berbagai kerjasama yang akan dilaksanakan, mulai dari kerjasama sektor pendidikan hingga pertanian,” ujar Bamsoet.