WARTALIKA.id – Upaya mencegah terjadinya bullying atau perundungan di sekolah, Koramil 05/Kramatjati , Makassar, mengadakan kegiatan Army Go To School, bertempat di SD 04 Cipinang Melayu Jln. Kartika Eka Paksi RT.10/06 Kelurahan Cipinang Melayu Kecamatan Makassar, Jakarta, Senin (6/11/2023).

Penyampaian Danramil Kapten Arm Asnawi pada kegiatan Babinsa Army Go To School yang dilaksanakan di SD 04 Cipinang Melayu ini, dalam rangka memberikan Wawasan kebangsaan serta pengetahuan tentang bahaya Bullying terhadap kesehatan mental para Siswa -siswi.

Bullying merupakan hasrat untuk menyakiti yang diwujudkan kedalam sebuah aksi sehingga menyebabkan seseorang menderita. Aksi ini dilakukan secara langsung oleh seseorang atau kelompok yang lebih kuat, tidak bertanggung jawab, biasanya berulang dan dilakukan dengan keadaan senang.

Tanda-tanda anak menjadi korban
bullying adalah mengalami kesulitan dalam bergaul, merasa takut datang ke sekolah, ketinggalan pelajaran, mengalami kesulitan berkonsentrasi dalam pelajaran, kesehatan mental dan fisik akan berpengaruh baik jangka pendek maupun jangka panjang. Dalam waktu yang cukup lama anak yang menjadi korban bullying akan menunjukkan gejala atau perilaku seperti penuh ketakutan karena truma dan menjadi malu atau kurang percaya diri. Kurangnya rasa percaya diri pada anak akan berakibat anak menjadi kurang menghargai dirinya sendiri yang akan mempengaruhi kemampuan anak mengatasi masalah atau tantangan dalam hidupnya.

”RonalSihotang”