Categories: Bersponsor

Jakarta Siap Menjadi Tujuan MICE Dunia, Disparekraf DKI Promosikan Jakarta NICE for MICE di 4 Negara

WARTALIKA.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berupaya menjadikan Jakarta sebagai destinasi wisata unggulan di kawassan Asia Tenggara. Melalui program promosi digital yang inovatif, Jakarta berhasil menarik perhatian wisatawan global.

“Jakarta NICE for MICE” tidak hanya sebatas promosi, tetapi juga merupakan komitmen Jakarta untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan fasilitas MICE. Dengan dukungan infrastruktur yang semakin memadai, seperti pusat konvensi bertaraf internasional, hotel-hotel mewah, dan konektivitas yang baik, Jakarta siap menyambut para pelaku bisnis dari seluruh dunia. Selain itu, beragam atraksi wisata yang menarik, mulai dari wisata budaya hingga kuliner, juga menjadi nilai tambah bagi peserta event yang ingin menjelajahi kota ini.”

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) meluncurkan program promosi “Jakarta NICE for MICE” dalam upaya terus meningkatkan kuantitas dan kualitas event Meetings, Incentives, Conferences, and Exhibitions (MICE) di Jakarta, serta memperkuat posisinya sebagai destinasi utama bisnis internasional.

Andhika Permata, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, menjelaskan bahwa promosi ini dilakukan melalui pemasangan iklan di media luar ruang di negara-negara 10 besar wisatawan mancanegara ke Jakarta, yakni Jepang, Korea Selatan, Singapura, dan Malaysia. Dengan demikian, Jakarta terus dikenal top of mind sebagai destinasi bisnis global.

“Kami fokus mempromosikan Jakarta sebagai tujuan MICE utama dunia melalui kampanye Jakarta NICE for MICE. Pada tahun 2024, promosi ini dilakukan melalui 68 layar videotron dan digital screen yang tersebar di sembilan lokasi strategis selama 2-3 bulan di empat negara Asia tersebut,” ujar Andhika Permata, Jumat(3/1/2025), kepada wartalika.id

Helma Dahlia, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, menambahkan bahwa selain promosi di media luar ruang luar negeri, Jakarta juga gencar berpromosi dengan berpartisipasi pada bursa pariwisata internasional, aktif dalam keanggotaan kepariwisataan internasional serta promosi pariwisata melalui berbagai kanal media digital, seperti Over-The-Top (OTT), sosial media, Online Travel Agent (OTA), media cetak di inflight magazine, lifestyle, tourism, digital, serta pengenalan wisata kepada KOL dunia melalui familiarization trip.

“Kami ingin memperkenalkan Jakarta lebih jauh lagi sebagai tujuan MICE yang dapat menawarkan pengalaman unik dan memuaskan bagi wisatawan bisnis dari seluruh dunia,” kata Helma Dahlia.

Promosi “Jakarta NICE for MICE” dilakukan selama tiga bulan, dari  Agustus hingga  November 2024. Sherly Yuliana, Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi Disparekraf, yang bertanggung jawab atas kegiatan promosi ini, menjelaskan bahwa iklan ini tersebar di berbagai titik strategis di empat negara tersebut, yakni Shibuya sebanyak 7 layar dan Shinjuku sebanyak 2 layar, Korea Selatan di Gangnam-daero, Myeongdong, dan Cheonggyecheon-ro (3 layar), Singapura di Bugis Street, 313@Somerset, Jewel Changi Airport sebanyak 27 layar, Malaysia di Bukit Bintang, KL Sentral sebanyak 28 layar.

“Promosi ini ditargetkan dilokasi dengan traffic tinggi, terutama tujuan wisatawan mancanegara seperti di destinasi wisata dan airport untuk meningkatkan visibilitas Jakarta di kalangan pelaku bisnis internasional, sehingga mereka mempertimbangkan Jakarta sebagai destinasi MICE utama,” tutup Lucky Wulandari, selaku Ketua Subkelompok Pemasaran Pariwisata Luar Negeri.

Pada tahun 2024, Disparekraf DKI Jakarta melaksanakan kampanye promosi “Jakarta NICE for MICE” di empat negara dengan volume kunjungan wisatawan terbesar ke Jakarta. Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran internasional dan menarik lebih banyak wisatawan bisnis ke Indonesia, khususnya Jakarta.

Sugeng

ARTIKEL TERKAIT

Wacana Perpanjangan Masa Jabatan DPRD, DPC Forkabi Cengkareng Serukan Dua Periode

WARTALIKA.id - Ormas Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) angkat bicara mengenai wacana perpanjangan masa jabatan DPRD, buntut dari putusan Mahkamah… Baca selengkapnya

Terdakwa Kasus Tabrak Lari di Penjaringan Tak Ditahan, Kuasa Hukum Korban Ungkap Begini

WARTALIKA.id - Terkait belum adanya penahanan terdakwa Ivon Setia Anggara (65) kasus tabrak lari mengakibatkan korban S (82) meninggal dunia… Baca selengkapnya

Silaturahmi Prajurit Pos 751/VJS, Hangatkan suasana Dusun 2 Kampung di Bulangkop

WARTALIKA.id - Dalam rangka memperkuat kemanunggalan TNI dengan rakyat, personel Pos Satgas Pamtas RI–PNG Yonif 751/Vira Jaya Sakti (VJS) melaksanakan… Baca selengkapnya

Anak Korban Kasus Tabrak Lari di Penjaringan Jadi Saksi di Sidang PN Jakarta Utara

WARTALIKA.id - Sidang kasus tabrak lari yang mengakibatkan korban berinisial S (82) meninggal dunia di Perumahan Taman Grisenda RW 10,… Baca selengkapnya

Warga dan Ojol Deklarasi Damai, Kevin Wu Gaungkan #JagaJakarta

WARTALIKA.id - Anggota DPRD DKI Jakarta, Kevin Wu, menggelar deklarasi damai bersama warga dan komunitas ojek online (ojol) di kawasan… Baca selengkapnya

Wujudkan Rasa Aman, Polres Metro Jakarta Barat Intensifkan Patroli Pasca Aksi Massa

WARTALIKA.id - Polres Metro Jakarta Barat kembali melaksanakan patroli skala sedang pasca aksi unras yang menimbulkan kericuhan di sejumlah tempat… Baca selengkapnya