Diduga KKB Pimpinan Lekagak Telenggeng Penembak Pemilik Kios di Aminggaru Ilaga

  • Whatsapp
AGUNG NUROHO

WARTALIKA.id – Penembakan terhadap masyarakat pendatang di kios Oyong (kios biru) dekat Bandara Aminggaru Ilaga, Kampung Aminggaru, Distrik Omukia, Kabupaten Puncak, dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata(KKB) diduga dari pok Lekagak Telenggeng/LT (kelompok Yambi) terhadap masyarakat pendatang Cahrudin alias Oyong (Suku Bugis) pemilik kios Oyong (kios biru) mengakibatkan korban meninggal dunia ditempat, Papua, Sabtu(28/09/2019).

Pihak Kepolisian menyebut pelaku serangan itu adalah ‘kelompok kriminal bersenjata’ yang terkait dengan kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) pimpinan Lekagak Telenggen.

Bacaan Lainnya

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, mengatakan Pihak Polisi mendapatkan laporan dari saksi yang melihat pas kejadian, diperkirakan pukul 12.30 WIT, Berdasarkan pengakuan dari para saksi menyampaikan, Saksi 2 dan saksi 3 membeli kue (makanan) di kios oyong/kios biru milik Cahrudin (25) alias Sahri alias Ojong, berdekatan area Bandara Aminggaru dengan tiba-tiba datang 2 (dua) orang OTK masuk dalam kios dan langsung mengeluarkan senjata api (jenis pistol) kemudian mengarahkan pistol (tembakan) tersebut ke arah korban 1 X tembakan pertama pada bagian pipi sebelah kiri korban terjatuh, 2 X tembakan pada bagian punggung sebelah kiri”.

Pelaku menembakan senjata sebanyak 3 (tiga) kali kepada korban sehingga mengakibatkan korban meninggal dunia ditempat, kemudian 2 (dua) orang KKB tersebut melarikan diri menuju arah sungai Ilame,” jelas Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, dari saksi yang melaporkan kejadian tersebut.

Kejadian tersebut menurut saksi mata dilakukan oleh adik dari Lekagak Telenggen (LT), nama masih dalam Lid. Sebelum pelaku melarikan diri sempat menyampaikan kepada saksi bahwa pelaku mengaku akan bertanggung jawab atas kejadian penembakan tersebut. Ke 2 (dua) orang saksi di dampingi Gitanus Wakerkwa (Sekretaris Kp. Aminggaru) datang melapor ke Mapolsek Ilaga dan diterima oleh Piket Siaga Polsek Ilaga A.n Aipda Irwan (Kasium Polsek Ilaga)”.

Sedangkan dari ketiga saksi/pelapor saat ini masih berada di Polsek Ilaga untuk dimintai keterangan,” jelas Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, dalam siaran resmi.

Akibat kejadian tersebut saat ini masyarakat pendatang tinggalnya berjarak -+ 1 Km dari kota Ilaga berkumpul dengan kerabat/keluarga dalam kota Ilaga demi keselamatan dan keamanan,” tuturnya.

Kejiadian ini langsung ditangani personil gabungan TNI-Polri, 6 (enam) personil anggota Koramil 1714-03/Ilaga yang dipimpin oleh Mayor Inf Tatang (Danramil 1714-03/Ilaga) berangkat dari Makoramil 1714-03/Ilaga menuju TKP berada di Kp. Aminggaru (dekat area Bandara Aminggaru Ilaga) melaksanakan evakuasi terhadap jenasah korban dengan menggunakan 1 Unit R-4 menuju Puskesmas Ilaga,” ungkapnya.

Personil gabungan TNI-Polri berkekuatan 50 Personil terdiri dari Satgas Ops Nemangkawi 2019, Satgas Yonif 751/R, Satgas Brimob Amanusa, Satgasban 17, Polsek Ilaga dan Satgas Paskhas TNI AU menuju TKP melakukan pengejaran dan penyisiran terhadap 2 (dua) orang KKB tersebut,” tutup Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal.

Pewarta : RK

Pos terkait