Satresnarkoba Polres Tanah Karo Tangkap Pemilik Pohon Ganja

  • Whatsapp

WARTALIKA.idPada hari Selasa tanggal 28 Januari 2020 sekira pukul 10.30 Wib, Kapolsek Tigapanah Akp Ramli Simanjorang bersama personel Polsek Tigapanah dan Kasat Narkoba Polres Tanah Karo AKP Rasmaju Tarigan SH Bersama Personil Satresnarkoba Polres Tanah Karo telah melakukan penangkapan terhadap pelaku penyalahguna Narkotika jenis Ganja.

Rusliwan Ginting Als Mburak, Laki-laki, Umur 40 Tahun, Agama Kristen Protestan, Pekerjaan Wiraswasta, Alamat Desa Singa Kec. Tigapanah Kab. Karo.

Hari Selasa tanggal 28 Januari 2020 sekira pukul 10.30 Wib; Bersama pelaku juga di sertai barang bukti yang dapat di sita berupa :

– 9 (sembilan) Bungkus masing masing berisikan diduga Narkotika jenis Ganja yang meliputi daun, biji dan ranting ganja yang dibalut dengan kertas koran dengan berat brutto 2.250 gram.

– 57 (lima puluh tujuh) paket / Am masing masing diduga berisikan Narkotika jenis Ganja yang meliputi daun, biji dan ranting ganja yang dibalut dengan potongan kertas koran dengan berat brutto 60 gram.

– 14 (empat belas) batang tanaman jenis ganja yang tingginya sekitar 43 cm s/d 240 cm.

– Narkotika jenis ganja meliputi daun, biji dan ranting ganja dalam keadaan basah dengan berat brutto 640 gram.

– 4 (empat) pembungkus yang terbuat dari kertas koran yang dilakban warna kuning.

– 30 (tiga puluh) lembar potongan kertas koran sebagai pembungkus.

– 1 (satu) buah goni plastik warna putih.

– 1 (satu) unit timbangan warna orange

Adapun kronologis terjadinya penangkapan ini adalah pada hari Selasa tanggal 28 Januari 2020, sekira pukul 10.30 Wib personel Polsek tigapanah dan Satresnarkoba Polres Tanah Karo telah melakukan penangkapan terhadap 2 (dua) orang laki laki dalam perkara tindak pidana Narkotika jenis tanaman Ganja yang diketahui bernama Rusdiamon Ginting dan Rusliwan Ginting Als Mburak, selanjutnya pelapor dan rekan kerja lainnya melakukan pengembangan dan pada saat itu pelapor dan rekan kerja lainnya menemukan 9 (sembilan) bungkus diduga masing masing berisikan Narkotika jenis Ganja yang meliputi daun, ranting dan biji ganja yang dibalut dengan kertas koran setelah ditimbang berat brutto 2.250 gram, 57 (lima puluh tujuh) paket/Am diduga masing masing berisikan Narkotika jenis Ganja yang dibalut dengan kertas koran berat brutto 60 gram dan 30 lembar potongan kertas koran sebagai pembungkus ganja ditemukan didalam sebuah bungkusan plastik assoy warna hijau, Narkotika jenis ganja yang meliputi daun, biji dan ranting ganja dalam keadaan basah dengan berat brutto 640 gram, 4 (empat) buah pembungkus terbuat dari koran yang dilakban warna kuning, 1 (satu) unit timbangan warna orange dan 1 (satu) buah goni warna plastik warna putih dimana keseluruhan barang bukti tersebut ditemukan didalam gubuk perladangan milik Rusliwan Ginting Als Mburak.

Selanjutnya pelapor dan rekan kerja lainnya juga melakukan pengembangan terhadap keterangan Rusliwan Ginting Als Mburak dimana pada saat itu juga Polisi dan rekan kerja lainnya menemukan 14 (empat belas) batang tanaman jenis Ganja yang meliputi daun, ranting dan biji ganja yang tingginya sekitar 43 cm – 240 cm, dimana tanaman Ganja tersebut ditemukan di perladangan milik  Rusliwan Ginting Als Mburak dan selanjutnya pada saat pelapor dan rekan kerja lainnya melakukan penggeledahan terhadap perladangan tersebut tersangka Rusliwan Ginting Als Mburak mencoba melarikan diri dan selanjutnya pelapor melakukan tindakan tegas dan terukur dengan cara melumpuhkan tersangka Rusliwan Ginting Als Mburak di kaki sebelah kanan.

Setelah menemukan barang bukti tersebut selanjutnya tersangka Rusdiamon Ginting dan Rusliwan Ginting Als Mburak berikut barang bukti langsung dibawa ke Satresnarkoba Polres Tanah Karo untuk proses penyidikan selanjutnya. Dan menurut kasat narkoba polres karo, Akp Rasmaju Tarigan, bahwa pengungkapan kasus ini tetap akan di pantau terus.

Penelusuran sampai kejaringan terkecil sekalipun dengan memeriksa para saksi dan tersangka dan dalam gelar perkara tahap awal juga pemeriksaan barang bukti ke labfor.

Pewarta : Rinaldi

  • Whatsapp

Pos terkait