Polisi Bongkar Kedok 2 Pelaku Ganjal ATM di Tangerang Raya

  • Whatsapp
Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indar saat memberikan keterangan pers.

WARTALIKA.id – Kedok dua orang pelaku kejahatan bermodus ganjal mesin ATM berhasil dibongkar Satreskrim Polresta Tangerang Polda Banten.

Pelaku berinisial J dan Y harus merintih kesakitan setelah petugas kepolisian menembak kaki para pelaku karena melawan saat hendak ditangkap.

Bacaan Lainnya

Idul Fitri 1441 H

“J dan Y ditangkap di rumah kontrakannya diwilayah Cikupa Kabupaten Tangerang,” terang Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indar di Mapolresta Tangerang. Rabu (8/4/2020) kemarin.

Kedua pelaku ini merupakan spesialis kejahatan ganjal ATM (ajungan tunai mandiri) dan telah meraup jutaan rupiah dari hasil kejahatannya.

Ade menuturkan, ini berawal dari laporan korban yang kehilangan saldo di ATM nya sebesar Rp.14.300.000 (empat belas juta tiga ratus ribu rupiah). Korban mengaku saat itu terakhir mengambil uang di ATM Center Giant Citra Raya dan ternyata disana kartu ATM nya tertelan.

Dari keterangan saksi dan rekaman CCTV yang dihimpun. Polisi mencurigai keberadaan J dan Y, namun saat akan ditangkap keduanya melakukan perlawanan dan menyerang anggota, hingga di tembak pada kaki nya.

Menurut Ade, pelaku mengaku sudah 12 kali melakukan aksinya tersebut di berbagai wilayah di Tangerang Raya.

“Kedua pelaku ini sudah sangat meresahkan selama melancarkan aksinya. Keduanya sudah beroperasi sejak awal tahun 2019, hingga berhasil di tangkap pada Senin 24 Februari 2020 lalu. Rata-rata pelaku berhasil mengambil uang korban antara Rp 700ribu hingga Rp 14juta rupiah dari mesin ATM,” ungkap Ade.

Sementara dari tangan pelaku, kata Ade telah diamankan barang bukti 5 (lima) buah ATM yang sudah di modifikasi, 1 (satu) gergaji besi modifikasi, dan puluhan tusuk gigi modifikasi.

Kedua pelaku dijerat dengan pasal 362 tentang tindak pidana pencurian, dengan ancaman hukuman penjara maksimal 5 tahun.

Pos terkait