Kapolda Pimpin Sertijab 3 Pejabat Utama Polda Papua

  • Whatsapp
AGUNG NUROHO

WARTALIKA.id – Kapolda Papua Irjen. Pol. Drs. Paulus Watefpauw, memimpin Upacara Serah Terima Jabatan. Sertijab 3 Pejabat Utama Polda Papua dilaksanakan kegiatan serah terima jabatan Dir Lantas, Dir Binmas dan pengukuhan Kabid Keu Polda Papua, dilaksanakan di Aula Rastra Samara Polda Papua, Jayapura, Papua, Jumat (29/05).

Upacara Serah Terima Jabatan berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/1378/V/KEP./2020 dan ST/1381/V/KEP./2020 tanggal 1 Mei 2020. dipimpin langsung Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, yang dihadiri oleh Para Pejabat Utama, Para Pamen, Pama, personil Polda Papua.

Bacaan Lainnya

Tiga Pejabat Utama Polda Papua yakni Kombes Pol Drs. Juhana Zulfan, M.M, Kombes Pol Drs. Supriyadi, dan Kombes Pol Mohamad Nasihin, S.H yang mendapatkan promosi jabatan.

Kombes Pol Drs. Juhana Zulfan, M.M, yang menjabat sebagai Kabid Keu Polda Papua akan menduduki jabatan baru sebagai Kabid Keu Polda Kalteng, dan akan digantikan oleh AKBP Drs. Widianto Wahyu Nugroho yang sebelumnya menjabat sebagai Irbid Itwasda Polda NTB.

Kombes Pol Drs. Supriyadi yang sebelumnya menjabat sebagai Dir Lantas Polda Papua akan menduduki jabatan baru sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Kamsel Korlantas Polri (dalam rangka pendidikan Lemhanas PPRA LXI T.A 2020) dan akan digantikan oleh Kombes Pol Mohamad Nasihin, S.H. yang sebelumnya menjabat sebagai Dir Binmas Polda Papua.

Kombes Pol Gatot Aris Purbaya, S.I.K. yang sebelumnya menjabat sebagai Widyaiswara Muda Sespimmen Sespim Lemdiklat Polri akan menduduki jabatan baru sebagai Dir Binmas Polda Papua.

Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw dalam kesempatannya mengatakan bahwa Kegiatan sertijab ini merupakan hal biasa, namun sangat penting di tubuh Kepolisian, dengan tujuan regenerasi kepemimpinan dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para perwira untuk mengembangkan karier melalui jenjang penugasan yang beragam dan ini juga sebagai rangkaian kegiatan tour of duty dan tour of area.

“Hal ini juga sebagai upaya penyegaran terhadap suasana managerial dan kepemimpinan yang penuh kreativitas, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kinerja Polri dalam mengantisipasi setiap perubahan dan perkembangan yang terjadi dalam masyarakat,” ucap Kapolda.

Dalam penyampaiannya, Kapolda Papua tidak lupa mengucapkan selamat kepada  pejabat yang baru Kombes Pol Mohammad Nasihin, S.H. sebagai Dirlantas Polda Papua dan  Kombes Pol Gatot Aris Purbaya, S.I.K. sebagai Dir Binmas Polda Papua.

“Saya ucapkan selamat bertugas, saya percaya bahwa dengan bekal pengetahuan dan pengalaman serta latar belakang pendidikan yang saudara miliki, akan mampu meningkatkan kiprah dan penampilan serta kinerja kesatuan masing-masing.

Segera lakukan langkah-langkah konsolidasi, adaptasi dan antisipasi secara intensif serta kembangkan kepemimpinan yang kondusif kedalam organisasi maupun dalam menjalin kerjasama dengan instansi Pemerintah Daerah, TNI, Tokoh agama, Tokoh pemuda, Tokoh adat dan tokoh masyarakat. Hal positif yang telah dirintis oleh pejabat lama hendaknya diteruskan dan bahkan ditingkatkan dimasa mendatang,” tambah Kapolda Papua.

Dalam situasi pandemi covid-19, jajaran Polda Papua akan mengimplementasikan kebijakan Presiden RI menuju “New Normal” (kenormalan baru), Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa penyebaran virus corona (covid-19) di wilayah Papua tingkat penyebarannya terus naik yang mana Jumlah pasien positif tertanggal 27 mei 2020 sebanyak 673 orang walaupun sudah lama melakukan penutupan akses mobilitas penduduk dari dan ke luar papua serta telah melaksanakan pembatasan aktivitas masyarakat yang diperluas dan diperketat dari pukul 14.00 – 06.00 WIT.

Kapolda Papua mengatakan bahwa masyarakat masih belum sepenuhnya mengikuti instruksi Pemerintah tentang protokol kesehatan dalam rangka pencegahan covid-19 dikarenakan hingga saat ini masih ditemukan masyarakat yang berkumpul-kumpul dan ramainya berbelanja tanpa menggunakan masker dan tidak menerapkan social/physical distancing.

“Mencermati perkembangan situasi dan dinamika di tengah masyarakat yang perlu menjadi perhatian dan atensi Polda Papua antara lain antisipasi penyebaran covid-19 dengan mempedomani maklumat Kapolri, upaya-upaya pencegahan terkait dampak ditutupnya bandara dan pelabuhan, serta  berbagai ancaman yang berpotensi akan mengganggu situasi kamtibmas di Papua,” tegas Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw.

Akhir arahannya, Kapolda Papua berharap agar semua berpartisipasi untuk komitmen bersama dari Pemerintah, keamanan dan masyarakat untuk menjaga kesehatan, jaga jarak dan harus mencuci tangan guna mewujudkan keinginan Presiden RI kepada TNI/Polri menjadi terdepan untuk pembatasan aktivitas masyarakat yang tidak mengikuti aturan.

“Saya berharap untuk teman-teman pejabat saat ini kalian harus cukup semangat melakukan aktifitas di lapangan biar anggota kita bisa semangat karena kita sudah hadir untuk melihat anggota kita,” tutup Kapolda Papua.

Pewarta : FM

Pos terkait