Canangkan Kampung Merdeka Covid-19, Ini Harapan Kapolres Jakbar

  • Whatsapp
Canangkan Kampung Merdeka Covid-19, Ini Harapan Kapolres Jakbar
AGUNG NUROHO

WARTALIKA.id – Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi, Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Audie S Latuheru dan Dandim 0503/Jakarta Barat Kolonel Kav Valian Wicaksono, meresmikan kampung merdeka covid-19, Secara simbolis pencanangan dilakukan di RW 05 Kelurahan Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, Sabtu(6/6/2020).

Wali Kota Jakarta Barat, Rustam Effendi mengatakan, kampung merdeka COVID-19 merupakan kampung atau RW yang bebas dari warga yang positif COVID-19 serta masyarakatnya telah menerapkan langkah antisipasi sesuai protokol kesehatan.

Bacaan Lainnya

“Kami bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kota dan masyarakat mencanangkan kampung merdeka COVID-19 agar menjadi percontohan di wilayah lainnya,” ujar Rustam di lokasi pencanangan RW 05 Tanjung Duren Utara.

Ditambahkan Rustam, jika suatu wilayah konsisten melaksanakan protokol kesehatan secara ketat dan tertib maka bukan tidak mungkin dalam waktu dekat Jakarta Barat akan bebas COVID-19.

Kapolres Jakarta Barat, Kombes Pol Audie S Latuheru mengatakan, RW 05 Tanjung Duren Utara menjadi satu dari 56 RW di Jakarta Barat yang telah konsisten menerapkan protokol kesehatan sehingga bebas COVID-19.

“RW 05 ini salah satu dari kampung bebas COVID-19 yang telah menjalankan protokol kesehatan dengan sempurna,” katanya.

Kombes Pol Audie S Latuheru mengatakan, Kampung merdeka hasil inisiatifnya mencontoh Polda Jawa Timur. Disana Polda Jawa Timur menetapkan kampung mana saja yang bebas Covid-19 sehingga dapat menjadi contoh bagi kampung lainnya.

“Kami apresiasi program Polda Jawa Timur dan kami terapkan di Jakarta Barat tentunya disesuaikan dengan kebijakan Pemprov DKI Jakarta,” jelasnya.

Audie menjelaskan untuk di Jakarta sendiri, program kampung merdeka Covid-19 kemungkinan baru diterapkan di wilayah Jakarta Barat.

Ia berharap kampung Merdeka Covid-19 di Jakarta Barat dapat menjadi contoh untuk seluruh wilayah Polda Metro Jaya.

“Harapnya tentu ini dapat menjadi inspirasi bagi kita semua. Agar kita tahu bagaimana langkah-langkah terbebas dari Pandemi Covid-19,” tandasnya.

Bedanya, kata dia, di Jakarta Barat selain warga menerapkan protokol Covid-19 dengan baik juga akan digerakan program tetangga peduli. “Jadi kehidupan dalam RW ini mereka saling membantu antara yang ekonomi baik dan yang kurang baik. Itulah cara kita untuk mengatasi ini,” kata Audie.

Sementara itu, untuk saat ini, masih ada 15 RW di Jakarta Barat berstatus zona merah Covid-19 yang tengah dipantau ketat penerapan PSBB disana.

Dandim 0503 Jakarta Barat, Kolonel Kav Valian Wicaksono menuturkan, pihaknya mengerahkan 917 personel yang disebar ke sejumlah titik seperti pusat keramaian, pasar tradisional, pasar modern, terminal bus, stasiun, masjid dan lainnya untuk membantu menegakkan protokol kesehatan.

“Kami bersama pemkot dan polres akan terus melakukan pengawasan dan mengawal agar warga patuh menjalankan protokol kesehatan,” tandasnya.

Pos terkait