KPU Pegunungan Bintang Gelar Rakor Teknik, Ini Penjelasan Wakapolres

  • Whatsapp
WARTALIKA.id  – Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Pegunungan Bintang melaksanakan giat Rapat Koordinasi Teknis bersama Stakeholder dalam rangka Persiapan Pelaksanaan Tahapan Lanjutan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pegunungan Bintang, di Gedung KPUD Pegunungan Bintang, Jl. Mabilabol, Okmakot, Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Jumat(19/6/2020), pukul.10.30 Wit.
Kegiatan mulai dengan doa oleh Pdt. Anselmus Taplo, S.Th, dan dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, serta sambutan dari panitia pelaksana.

 

 

Bacaan Lainnya

Hadir dalam giat tersebut, Bupati Pegunungan Bintang Bupati Kabupaten Peg. Bintang Costan Oktrmka, S.IP yang diwakil oleh Wakil Bupati Kabupaten Peg. Bintang Decky Deal, S.IP, Kapolres Pegunungan Bintang Polda Papua AKBP Ferdyan Indra Fahmi, S. I. K diwakili oleh Wakapolres Peg. Bintang Kompol Tofan Irdiyanto, S.Sos, Pabung 1715 Yahukimo Mayor Inf. Panjaitan, Asisten II Kabupaten Peg. Bintang Budy Wardaya, S.Sos, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Peg. Bintang Lester Apintamon, Amd. S.Sos, Kabag OPS Polres Peg. Bintang AKP L. Guruh,S.IK, Danramil Oksibil Kapten Inf. Dwi Wawan Hertanto, Kasat Intelkam Polres Peg. Bintang Iptu Suhardi,SH, Danpos Kopasus Lettu Inf. Winarna, Ketua KPUD Kabupaten Peg. Bintang Titus L. Mohi, Danki Pamtas 509/BWY Lettu Inf. Rahmat Hidayat, KBO Sat. Reskrim Polres Peg. Bintang Ipda Muhlis Wahab,SH, Staf Ahli Pemda Kabupaten Peg. Bintang Roy Rorong, Tokoh Agama Pdt. Anselmus Taplo, S.Th, Komisioner KPUD Kabupaten Peg. Bintang, BIN Hendo Sinaga, Perwakilan Kesbangpol Pemda Kabupaten Peg. Bintang Seter Duwutu.

Sambutan Wakil Bupati Kabupaten Peg. Bintang yang intinya kami pemerintah daerah sangat mendukung pelaksanaan Pemilukada dan untuk pihak penyelenggara agar tetap melakukan koordinasi dengan Instansi terkait guna untuk menyukseskan Pemilukada di Kabupaten Peg. Bintang.

Ketua KPU Kabupaten Peg. Bintang yang pada intinya kami pihak penyelenggara ingin berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah maupun TNI/Polri dan juga Stakeholder agar bisa membantu kami dan juga mendukung pelaksanaan Pemilukada di Kabupaten Peg. Bintang.

Pabung Satgaster yang pada intinya Kami dari TNI akan selalu membekUp Kepolisian untuk mengamankan Pemilukada agar berjalan dengan aman, untuk itu diharapkan agar pihak penyelenggara tetap berkoordinasi dengan kami pihak keamanan.

Wakapolres Peg. Bintang yang pada intinya Kami Institusi Polri sangat mendukung Pihak Penyelengara, untuk itu mari kita sama-sama menjaga komunikasih dan koordinasi agar Pemilukada berjalan dengan aman dan Damai.

Wakapolres Peg. Bintang Kompol Tofan Irdiyanto saat dikonfirmasi WARTALIKA.id, mengatakan rapat Koordinasi Teknis bersama Stakeholder dalam rangka Persiapan Pelaksanaan Tahapan Lanjutan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pegunungan Bintang dan sosialisasi Peraturan KPU RI Nomor 5 Tahun 2020 serta rapat tersebut akan terus dilakukan.

“Dimungkinkan adanya oknum maupun kelompok yang dapat memprovokasi isu-isu yang bersifat provokatif kepada masyarakat yang dapat memperkeru situasi Kamtibma menjadi tidak kondusif. Tetap melakukan Monitoring Pasca giat tersebut guna mengantisipasi situasi Kamtibmas yang tidak kondusif,” kata Kompol Tofan Irdiyanto.

Masih kata Kompol Tofan Irdiyanto, Diskusi atau masukan dan saran yang dimulai dengan Penyampaian dari Ketua KPU Kabupaten Peg. Bintang tentang paparan Sosialisai Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020 antara lain :

  • Tahapan Persiapan
  • Tahapan Penyelenggaraan
  • Masa Perbaikan
  • Verifikasi Faktual Perbaikan
  • Tahapan Pendaftaran Calon
  • Tahapan Sengketa Tun Pemilihan
  • Tahapan Masa Kampanye
  • Tahapan Laporan dan Audit Dana Kampanye
  • Hari Pemungutan Suara
  • Tahapan Pelaksanaan Pungutan suara
  • Rekapitulasi hasil pungutan suara
  • Tahapan penetapan Paslon terpilih.

Kabag OPS Polres Peg. Bintang menyampaika yang intinya setiap pentahapan yang dimana mengundang calon Paslon maupun partai politik harus disiapkan Rapid Test minimal Termogun untuk mengecek suhu tubuh, untuk itu harus keterlibatan dari Tim Covid-19. Pihak KPU harus mencetak Baner/Spanduk tentang peraturan KPU RI Nomor 5 tahun 2020 agar Masyarakat dapat mengetahui peraturan tersebut.

“Terkait pergeseran logistik di tingkat Kampung, Distrik, Kabupaten dan Provinsi ada beberapa hal yang harus di perhatikan terkait dengan pengamanan berpedoman sesuai dengan protokol kesehatan. Pihak Pengamanan maupun Instansi yang terlibat harus di lengkapi sesuai dengan protokol kesehatan dimana Pemilukada di tahun ini berbeda karena harus sesuai dengan protokol kesehatan”.

Saya menghimbau pihak KPU harus berkoordinasi dengan Para Partai Politik agar bisa mengetahui sekretariat maupun informasi tahapan agar Pemilukada bisa berjalan dengan aman dan damai. setiap kegiatan harus sesuai dengan protokol kesehatan sehingga memperlancar ruang gerak kita dengan tujuan mempertahankan nama baik Kabupaten Peg. Bintang dimana kita sudah diberikan penghargaan terbaik terkait Pelaksanaan Pemilukada yang berjalan dengan aman dan damai,” ucap KP L. Guruh.

Pewarta : FM

Pos terkait