BNN Kembali Musnahkan Barang Bukti Narkoba

  • Whatsapp

WARTALIKA.id – Badan Narkotika Nasional (BNN) memusnahkan sejumlah barang bukti narkotika golongan 1 di Lapangan Parkir Gedung BNN, Cawang, Jakarta Timur, Jumat, (3/7/2020).

Barang bukti narkotika yang dimusnahkan di antaranya sabu seberat 86.623 gram, ekstasi 80.430 gram, tembakau gorila 211 gram, dan dimetiltriptamina 1.538 gram, yang merupakan hasil pengungkapan dari delapan kasus berbeda.

Dalam pemusnahan barang bukti narkotika ini dipimpin langsung Kepala BNN Komjen Heru Winarko dan dihadiri Menteri Sosial Juliari Batubara.

Kepala BNN Komjen Heru Winarko mengatakan, pemusnahan barang bukti narkotika yang keempat kalinya di tahun 2020. Seluruh barang bukti ini yang dimusnakan dari delapan kasus berbeda.

Adapun kronologisnya diantaranya,

1. Pada tanggal 4 Februari 2020, petugas mengamankan barang bukti narkotika jenis sabu seberat  ± 55  gram dengan di kantor Gedung Pos Pasar Baru, Jakarta Pusat.  Tidak ada tersangka dalam kasus ini.

2.Pada tanggal 8 April 2020, petugas mengamankan tembakau gorila seberat 105 gram di Regulated Agent Tiki, Jalan Marsekal Surya Darma, Tangerang. Tidak ada tersangka yang diamankan dalam kasus ini.

3. Pada tanggal 10 April 2020 petugas mengamankan  tersangka berinisial BS dengan barang bukti sabu 11,71 (sebelas koma tujuh puluh satu) gram dan ekstasi sebanyak 59 butir, di depan Tower Dahlia, Apartemen Gading Nias, Kelapa Gading,  Jakarta Utara.

4. Pada tanggal 25 April 2020 di Regulated Agent Tiki, Kota Tangerang, Banten, petugas telah mengamankan barang bukti narkotika jenis tembakau gorila seberat 110 gram dengan tidak ada tersangka.

5. Pada tanggal 29 April 2020, di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean C Kantor Pos Pasar Baru petugas telah mengamankan barang bukti narkotika jenis dimetiltriptamina seberat 1.543 gram dengan tidak ada tersangka.

6. Pada tanggal 28 Mei 2020 petugas telah mengungkap barang bukti sabu seberat 66.165  gram dengan tersangka berinisial B di Jalan Industri Raya Cikarang.

7. Pada tanggal 28 Mei 2020 petugas telah mengamankan tersangka M dan MK berikut ekstasi sebanyak ± 80.960 butir di toko beras yang berlokasi jalan Industri Raya Cikarang, depan rumah sakit Mitra Keluarga, Jawa Barat.

8. Pada tanggal 13 juni 2020 petugas menangkap AAS dan MR di parkiran Hotel Armarosa  di daerah Bagan Siapi Api Rokan Hilir dengan barang bukti sabu seberat ± 20.600 gram.

“Pemusnahan barang bukti kasus narkoba ini merupakan bentuk transparansi kepada masyarakat dan pertanggungjawaban BNN dalam mengungkap kasus tindak pidana penyalahgunaan narkotika,” kata Heru.

Hal ini sesuai dengan amanat pasal 91 ayat (2), ayat (3), ayat (4), ayat (5) dan pasal 92 ayat (3) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Sementara itu, Mensos Juliari menambahkan, pihaknya memiliki kaitan erat dengan BNN soal fungsi rehabilitasi yang dimiliki Kementerian Sosial (Kemensos).

“Di Kemensos kami ada lima balai rehabilitasi di mana kami ingin balai rehab kami ingin bagian dari kepanjangan tangan BNN. Kami ke depannya apabila perbaikan design atau apapun, kami ajak BNN supaya balai rehab napza bisa sesuai juga dengan standar yang ada di BNN sehingga saat digunakan BNN tidak perlu banyak penyesuaian,” tandasnya.

  • Whatsapp

Pos terkait