Kapolres Pegunungan Bintang Hadiri Rakor Teknis KPU di Kabupaten Pegunungan Bintang

  • Whatsapp

WARTALIKA.id – Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Ferdyan Indra Fahmi, S.I.K mengiikuti Giat Rapat Koordinasi Teknis Pelaksanaan Komisi Pemilihan Umum yang di laksanakan di Kantor KPUD Kabupaten pegunungan Bintang, Rabu, (08/07/2020).

Kegiatan ini d hadiri oleh, Kapolres Pegunungan Bintang (AKBP Ferdyan Indra Fahmi,S.I.K), Ketua KPUD Kabupaten Pegunungan Bintang (Titus Lao Mohi, S.SI,M.Si, Ketua Bawaslu Kabupaten Pegunungan Bintang (Yance Nawipa), Pabung 1715 Yahukimo (Mayor Inf. Panjaitan), Danramil Oksibil 1702-01 (Kapten Inf. Dwi Wawan Hertanto), Kasat Intelkam Polres Pegunungan Bintang (Iptu Pieter S. Rumkorem, SH), Danki Pamtas 509/BY (Lettu Inf. Rahmat Hidayat), Danpos Kopasus (Lettu Inf. Sardyansinar), Pasi OPS 509/BY (Lettu Inf. Mukmin), Kapolsek Oksibil ( Ipda Muhlis Wahab, SH), Ketua Tim Satgas Gugus Covid-19 (Jeremias Tapyor), Komisioner KPUD Kabupaten Pegunungan Bintang, Kepala Distrik Oksibil Anton Uropmabin), Sekjen Lembaga Adat Pegunungan Bintang (Yohanis Kakyarmabin), Ketua FKUB Kabupaten Pegunungan Bintang (Anselmus Taplo, S.Th), Sekertaris Karateker KNPI Kabupaten Pegunungan Bintang ( Yulianus Uropdana), Tokoh Masyarakat (Andi Lepki), Tokoh Perempuan (Tersisa Asemki), Kepala Suku Bagian Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang (Yan Kasipmabin), BIN (Hendro Sinaga), Kepala Dinas Kesbangpol (Kakayambul Uropdana), Perwakilan Bandara AMA (Alben Uropmabin).

Sambutan dari Ketua KPUD Kabupaten Pegunungan Bintang yang intinya, Kami Bersyukur atas Kehadiran Semua Stakeholder yang hadir, Sekarang Tahapan sudah berjalan untuk itu diharapkan agar kita selalu menjaga komunikasih dan koordinasi agar Pilkada bisa berjalan dengan Aman. KPU Kabupaten Pegunungan Bintang Fokus pada Tahapan Berdasarkan PKPU Nomor 5 Tahun 2020 dan Pelaksanaan Tahapan selalu berpatokan pada Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19. Kami juga berharap agar semua tamu undangan yang hadir bisa memberikan Saran/masukan kepada kami agar tahapan Pemilukada bisa berjalan dengan baik.

KPUD dan Bawaslu Selalu ada di Oksibil jika ada yang mau ditanyakan terkait Tahapan silakan datang ke kantor KPUD dan Bawaslu, dikalangan Masyarakat sudah beredar informasi Hoax tentang penetapan Calon akan tetapi kami Pihak Penyelenggara belum ada penetapan Calon untuk itu diharapkan agar tamu undangan yang hadir bisa menyampaikan kepada kerabat maupun keluarga guna tidak terpengaruh dengan informasi yang bersifat provokatif.

Kami Sebagai Pihak Penyelenggara yang berjumlah 5038 ( Lima Ribu Tiga Puluh Delapan ) orang, untuk itu kami minta kepada Tim Gugus Covid-19 untuk melakukan Rapid Tes, guna mencegah penyebaran virus Corona khususnya di wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang. “ Ujar Ketua KPUD Kab Peg. Bintang ”

Penyampaiyan dari Ketua Bawaslu Kabupaten Pegunungan Bintang yang intinya, Dalam pelaksanaan Tahapan Pilkada serentak tahun 2020 ini, kita dihadapkan dengan wabah Covid-19 tetapi dengan adanya ini demi kelancaran pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020 kita tetap berkoordinasi dengan Tim gugus Covid-19. Terkait Pentahapan, akan dilakukan pengumuman resmi dari KPUD Kabupaten Pegunungan Bintang, untuk itu diharapkan kepada para Tokoh-Tokoh agar bisa menyampaikan kepada masyarakat, yang terpenting keamanan ini kita jaga bersama-bersama. Kami akan menyurat ke Setiap Ketua Partai untuk mengetahui Sekretariat masing-masing Partai karena kami dalam tahapan kesiapan Pilkada. kami berharap agar Pihak keamanan mengamankan Miras dan juga ada kegiatan pesta / acara agar bisa ditindaklanjuti mengingat Covid-19.

Kapolres Pegunungan Bintang menambahkan bahwa Kaitan dengan Tahapan ini, saya berharap agar bisa di Sosialisasiian kepada masyarakat agar setiap Tahapan bisa di ketahui bersama. Kita harus Pedomani Protokol Kesehatan dan mengikuti aturan Pemerintah serta terus melakukan koordinasi kepada instansi terkait dalam upaya mendukung Pemilukada di Kabupaten Pegunungan Bintang.

Terkait Anggaran Pemilukada, bagi Pihak Penyelenggara agar transparan guna tidak terjadi kesalahpahaman yang berdampak pada aksi Protes maupun aksi anarkis lainnya, ini adalah tanggung jawab kita semua, untuk mendukung dan mengawal Pemilukada ini agar bisa semaksimal mungkin untuk menyukseskan Pesta Demokrasi ini dan tetap berpatokan pada Protokol Kesehatan.

“ Kami dari Pihak TNI/Polri berharap kepada semua Pihak utamanya masyarakat agar tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang tidak benar / Hoax. Untuk Miras yang beredar di Kabupaten Pegunungan Bintang khususnya di Distrik Oksibil, kami sudah melakukan Razia dan mengamankan Miras/alkohol serta kami Pihak TNI dan Polri sudah memusnakan Barang tersebut, ini semua berkat kerja sama yang baik. Kami TNI / Polri akan membantu KPUD dan Bawaslu jika ada temuan-temuan agar segera di laporkan karena kami sudah ada Tim Gakumdu. Kami juga akan membuat Tim Cyber untuk memantau Perkembangan di Media Sosial, dan apabila di temukan kami akan memproses sesuai aturan yang berlaku”.

Pihak Kepolisian akan terus bersosialisasi kepada masyarakat umum agar bisa mengetahui aturan Pemilukada dan kita berkomitmen untuk menjaga Situasi Kamtibmas, Kejadian yang sudah terjadi di Kabupaten Pegunungan Bintang seperti merusak Fasilitas umum maupun pembakaran kami berharap tidak akan terulang lagi, Besar harapan saya agar tidak ada proses hukum dalam pelaksanaan Pemilukada, dan Pesta Demokrasi ini bisa berjalan dengan Baik aman dan Sejuk “ ujar Kapolres.

Pelaksanaan Rapat Koordinasi Teknis Komisi Pemilihan Umum bersama Stakeholder dalam rangka Pelaksanaan Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pegunungan Bintang Tahun 2020, Rapat tersebut akan terus dilakukan. Dimungkinkan adanya penyebaran isu-isu yang bersifat provokatif kepada masyarakat yang dapat memperkeru situasi Kamtibmas menjadi tidak kondusif.

Pos terkait