Dimasa Pandemi, Polri Wujudkan Program Ketahanan Pangan

  • Whatsapp

WARTALIKA.id – Dalam rangka menjaga ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19. Polri bersama masyarakat bekerjasama memanfaatkan lahan tidur agar produktif dengan menanami sayur-sayuran hingga benih ikan. Hal ini seperti dilakukan diwilayah Kelurahan Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat.

Anggota Bhabinkamtibmas bersama warga memanfaatkan lahan kosong untuk dikelola dan ditanami aneka tanaman sayur-sayuran dan sejenisnya secara alami. Selain pupuk, warga juga mendapat langsung bantuan berupa bibit tanaman sehingga mampu meningkatkan produksi tanaman.

Untuk itu Binmas Polres Metro Jakarta Barat mengajak para Babinkamtibmas untuk memanfaatkan lahan kosong untuk bercocok tanam sayuran diwilayah binaannya.

Hal ini seperti dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Cengkareng bersama warga yang memanfaatan lahan kosong dengan cara menanami sayur-sayuran dikawasan perumahan Taman Semanan Indah RW 11, Kelurahan Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (9/7/2020).

Kanit Binmas Polmas Polres Metro Jakarta Barat Ipda Gusti Ketut Putra mengatakan, sesuai dengan arahan pimpinan peran Bhabinkamtibmas itu harus mampu mengajak masyarakat apalagi pada masa pendemi Covid-19 jelang era new normal. Untuk bisa memanfaatkan lahan-lahan kosong yang tidak terpakai.

“Lahan itu nantinya dikelola dengan baik ditanami sayuran maupun diberikan budidaya ikan. Tentunya ini sangat bermanfaat untuk masyarakat yang berada di lokasi tersebut. Kita tahu dengan adanya wabah virus ini yang berdampak perekonomian tidak stabil,” ucapnya.

Maka itu dengan adanya upaya yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas diwilayah binaannya bisa manfaatkan lahan yang ada untuk bekerjasama dengan masyarakat terutama yang mempunyai kemampuan bercocok tanaman jenis sayuran.

Menurutnya, dengan ada kegiatan itu tentunya sangat positif. Paling tidak, kebutuhan dasar sehari-hari masyarakat dapat terpenuhi seperti sayur dan ikan.

Kedepannya, ia akan terus melakukan upaya ketahanan pangan bersama Bhabinkamtibmas disetiap Kelurahan yang mampu menciptakan sayur-sayuran dan budidaya ikan yang bisa di konsumsi.

“Saya meminta peran Bhabinkamtibmas harus berperan aktif diwilayah binanaannya untuk membangun menciptakan ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan- lahan yang ada. Tentunya juga harus koordinasi dengan pengurus lingkungan atau pengembang- pengembang yang ada sehingga lahan-lahan yang tidur itu bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” kata Gusti Ketut.

Dijelaskannya, bahwa Bhabinkamtibmas juga harus bisa mengenal orang-orang yang punya keahlian atau kemampuan untuk bercocok tanam sayur. Apalagi jika diberikan atau dipinjamkan oleh pemilik lahan sehingga mereka yang tadinya menganggur ada kegiatan untuk bertani.

“Kita bisa mengisi satu sama lain antara warga petani sayur dengan Bhabinkamtibmas. Kita berharap ini bisa menciptakan atau menghasilkan sayur-mayur yang berkualitas,” ujarnya.

Ia berharap tidak ada lagi lahan- lahan yang kosong dipergunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

“Jadi kalau ada lahan kosong kan bisa dimanfaatkan. Tentunya dengan kerjasama dengan masyarakat akan menghasilkan sayuran untuk bisa dijual di Pasar tradisional,” imbuhnya.

Sementara itu Didin (25) seorang warga sekitar asal indramayu ini menyampakan, terima kasih kepada petugas Binmas Polres Jakarta Barat dan para Bhabinkamtibmas Polsek Cengkareng yang mau membantu dan berkunjung kesini.

“Apalagi seperti saya hanya seorang petani. Pokoknya saya seneng sekali ya. selain mendapat bantuan bibit dan pupuk juga akan diberikan bibit ikan lele,” riang Didin sambil tersenyum.

  • Whatsapp

Pos terkait