Mantap! Polisi Sita Atribut Militer Organisasi TPN OSEA di Bandara Oksibil

  • Whatsapp
Mantap! Polisi Sita Atribut Militer Organisasi TPN OSEA di Bandara Oksibil

WARTALIKA.id  – Penyitaan 3 Koli Barang Cargo Yang Berisikan Atribut Militer Organisasi TPN OSEA (Organisasi Serikat Sedunia Aman) yang dikirim melalui penerbangan (Flight) ke II Pesawat CargoTrigana Air dari bandara Sentani menuju Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Rabu(14/7/2020).

Personel Sat Intelkam Polres Pegunungan bintang menerima informasi yang berasal dari anggota Unit Intelkam Polsek Kawasan Bandara Sentani tentang adanya pengiriman atribut kelompok OSEA melalui pesawat Cargo Trigana Air Flight ke II dengan identitas pengirim An.Adop dan Identitas Penerima An.Meli Uopdana serta kode barang STPNP20080570 dengan tujuan Sentani-Oksibil.

dengan adanya informasi tersebut tim gabungan yang terdiri dari Sat Reskrim dan Intelkam Polres Pegunungan Bintang yang di pimpin langsung oleh Kasat Intelkam Iptu. Pieter S. Rumkorem,SH dan PS.Kasat Reskrim Ipda. S.Budi Payung,SH mendatangi Bandara Oksibil untuk menunggu kedatangan pesawat Cargo Trigana Air Flight ke II serta melakukan penggeledahan dan monitoring terhadap masyarakat yang menjemput barang tersebut.

Di Pintu kedatangan Bandara Oksibil Anggota Polres Peg Bintang melakukan penggeledahan barang cargo yang telah di ambil oleh Sdr. Melius Uopdana (perwakilan Pok OSEA Kab Peg Bintang) dan menemukan Atribut kelompok OSEA yang telah di krim dari Bandara Sentani – Bandara Oksibil selanjutnya mengamankan Sdr.Melius beserta barang tersebut di Polsubsektor Bandara Udara Oksibil.

Adapun barang barang yang kemudian disita sebagai berikut :
1). 8 (Delapan) buah Pisau Sangkur buatan Pindad
2). 8 (Delapan) buah baret berwarna hijau.
3). 2 (Dua) buah baret berwarna merah bertulisan Satuan Warsi 3721.
4). 8 (Delapan) buah setel seragam PDL pecah kopi berwarna hijau.
5). 4 (Empat) buah setel seragam PDL satpam warna hitam.
6). 5 (Lima) buah topi warna hijau bertulisan Saputra 3721.
7). 5 (Lima) buah topi warna hitam bertulisan New Guinea Police.
8). 5 (Lima) buah baret warna hitam bertulisan Osea 7037 Federal New Guinea PUA.PEA.Police
9). 8 (Delapan) buah Kopelrem
10). 8 (Delapan) pasang sepatu PDL.
11). 12 (Dua belas) buah Peples berwarna hijau.

Sebanyak 3 ( Tiga ) Koli barang sitaan tersebut beserta Sdr. Melius Uopdana langsung di bawah ke Mapolres Peg. Bintang untuk di lakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Kasat Intelkam Polres Pegunungan Bintang menyampaikan bahwa, Kelompok OSEA merupakan salah satu kelompok Radikalisme di Wilayah Kab Peg Bintang dengan daerah Basis Kampung Weipkim Distrik Iwur, aktifis kelompok OSEA berasal dari Masyarakat Eks Separatis yang kembali menyerahkan diri untuk bergabung dengan NKRI pada Tahun 2008, Kelompok OSEA telah menyebar luaskan simpatisannya di beberapa Distrik yang ada di Kab Peg Bintang sehingga pengiriman atribut telah di lakukan ke beberapa Distrik melalui penerbangan perintis dengan rute Bandara Sentani tujuan beberapa Distrik yang tidak melalui Ibu kota Kabupatan (Oksibil) sehingga kegiatan pengiriman tersebut belum termonitor.

“ Kami dari Kepolisian akan melakukan lidik lanjut tentang tempat pembuatan baju serta pembelian sangkur/ kopelrim serta peples yg merupakan perlengkapan milik TNI Polri. Tetap Meningkatkan kesiapsiagaan anggota Polri guna mengantisipasi perkembangan situasi dengan adanya penyitaaan atribut tersebut,” ujar Iptu Pieter S. Rumkorem, S.H.

 

Pewarta : FM

Pos terkait