Orientasi Kerja Pala, Kabaharkam: Kenali, Gali Potensi Diri

  • Whatsapp
Ketua Koordinatoriat PWI Jakbar Kornelius Naibaho

WARTALIKA.id – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, memberikan arahan pembulatan kepada 15 perwira remaja (Paja) lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 2020 yang baru saja selesai melaksanakan orientasi kerja di satuan kerja jajaran Baharkam Polri, bertempat di Ruang Rapat Utama Baharkam Polri, Kompleks Mabes Polri, Jakarta(2/9/2020).

“Pengembangan dan kemampuan kalian di lapangan, di dunia kepolisian, dapat mewarnai karir yang berdampak positif dan negatif. Tergantung bagaimana kalian menyadarinya. Maka tunjukkanlah kemampuan kalian dan berupayalah kenali dirimu sendiri, gali potensimu, jadi diri sendri. Jika kamu tidak mengenali dirimu sendiri, maka kamu tidak akan mengenal Tuhanmu. Jadilah dirimu sendiri,” pesan Komjen Agus mengawali arahannya.

Baca Juga :

Komjen Pol Agus Andrianto berharap para Paja tersebut dapat memetik pelajaran dari orientasi kerja yang telah dilakukan dan menjadikannya modal dalam menjalankan tugas sebagai perwira Polri.

“Amati, tiru, kembangkan, dan modifikasi. Apa yang membuat kalian beda dengan perwira lain ? Yaitu value atau nilai. Buat diferensiasi yang berbeda dan khas yang kalian lakukan yang dapat membedakan dengan yang lain. Jangan pernah menghindari pekerjaan, untuk menambah pengalaman dan wawasan kalian,” lanjutnya.

Selain itu, yang tak kalah penting, jenderal polisi bintang tiga itu juga mengingatkan para Paja agar selalu mencintai profesi sebagai polisi dengan cara melakukan tugas sebaik-baiknya dan sesuai peraturan yang berlaku.

Dalam kesempatan ini, Kabaharkam Polri juga memberi kesempatan kepada para perwira remaja untuk menyampaikan hasil orientasi yang mereka dapatkan.

Hal tersebut dilakukan untuk mengevaluasi sejauhmana pemahaman perwira remaja di ruang lingkup kerja Baharkam Polri yang utamanya mengemban tugas preemtif dan preventif.

Komjen Agus juga mengingatkan para perwira remaja agar menjaga dan merawat institusi Polri agar dicintai masyarakat.

“Jangan merasa Anda bekerja untuk membantu pimpinan, karena sesungguhnya apa yang kalian kerjakan adalah untuk mengembangkan dan mempersiapkan diri kalian sendiri”, tutup Komjen Agus.

Pos terkait