Polisi Kawal Pemakaman Jenazah Covid-19 di RSUD Kalideres

  • Whatsapp

WARTALIKA.id – Petugas kepolisian Polsek Kalideres akhirnya dapat mengawal jalannya pemakaman jenazah yang positif Covid-19 di RSUD Kalideres Jalan Satu Maret, Kelurahan Pegadungan, Jakarta Barat, Selasa (15/10/2020) sore.

“Jadi kepolisian sudah melakukan upaya pendekatan terhadap keluarga jenazah. Setelah kita berikan edukasi dan pemahaman, pihak keluarga menerima untuk jenazahnya dimakamkan sesuai prosedur penanganan Covid-19,” kata Panit Bhabinkamtibmas Polsek Kalideres, Iptu Hartaya, Selasa (15/9/2020).

Baca Juga :

Menurut Hartaya, kejadian ini berawal ketika Bhabinkamtibmas Kelurahan Pegadungan Aiptu Wagito mendapat pengaduan dari pihak RSUD Kalideres dr.Erwin.

Bahwasannya ada keluarga pasien yang meninggal karena Covid-19 memaksa dan tetap menginginkan jenazahnya dibawa pulang untuk dikuburkan dipemakaman keluarga.

Padahal berdasarkan hasil tes swab rumah sakit menunjukkan bahwa pasien tersebut telah meninggal dunia positif corona, maka jenazah dimakamkan sesuai dengan protokol Covid-19.

“Jika jenazah yang dimaksud dipastikan positif Covid-19, maka proses pemakamannya harus dilakukan sesuai prosedur Covid-19,” paparnya.

Seperti diketahui tujuan tes swab, untuk mengetahui orang tersebut berstatus positif atau negatif terpapar virus Corona

“Dengan hasil mediasi dan penjelasan dari pihak rumah sakit dan didampingi Kapospol Citra Iptu Wati Asih bersama Binmas maka keluarga bisa memahami dan mengikuti prosedur pemulasaraan jenazah sesuai protokol Covid-19,” ujar Hartaya.

Pos terkait