Kodim 0308/Pariaman Gelar Apel Gabungan dan Peralatan Gulbacel

  • Whatsapp

WARTALIKA.id – Dalam rangka memperingati Hari Kesiapsigaan Bencana,personel Kodim 0308/Pariaman mengikuti Apel Gabungan Gelar Pasukan dan Peralatan Penanggulangan Bencana Alam (Gulbacel) bersama Polres Kabupaten Padang Pariaman, Polres Kota Pariaman dan BPBD Kabupaten Padang Pariaman,Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman di halaman Kantor Bupati Padang Pariaman Jalan Kampung Dama Parit Malintang Kabupaten Padang Pariaman,Sumatra Barat, Kamis (25/04/2019).

Apel gabungan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi bencana alam tersebut dipimpin oleh Sekda Kabupaten Padang Pariaman Jon Priadi SE,MM dengan Komandan Apel Lettu Czi Delri Putra (Pasi Ops Kodim 0308/Prm)

Apel gabungan ini diikuti kurang lebih 2 pleton anggota Kodim 0308/Prm, 2 Pleton anggota Polres,Kota dan Kab Padang Pariaman ,3 Peleton gabungan Danramil,Kapolsek dan Camat se Kab Padang Pariaman,1 Peleton Satpol PP Kab Padang Pariaman,1 Regu Dishub Kab.Padang Pariaman,1 SSK Gabungan BPBD,SAR dan Linmas se Kab Padang Pariaman 1 Regu Tagana Kab.Padang Pariaman 1 Regu Pemadam Kebakaran,15 kendaraan Roda 4,30 Kendaraan roda 2 dari Babinsa ,Babin Kamtibmas dan BPBD Kabupaten Padang Pariaman dan Alat peralatan Tanggap Bencana.

Dalam amanatnya Sekda Kabupaten Padang Pariaman Jon Priadi, menyampaikan bahwa Apel Gabungan Gelar Pasukan dan Peralatan Penanggulangan Bencana ini bertujuan untuk melihat kesiapsiagaan dalam rangka mengatisipasi terjadinya Bencana Alam, kita tidak boleh lengah kendati sekarang masih dalam konddisi aman. Penanganan bencana yang tepat dapat meminimalkan jumlah korban saat terjadinya bencana Alam.

“Saya tegaskan bahwa berbagai hal terkait penanggulangan bencana alam merupakan tanggung jawab kita bersama, selain itu merupakan bentuk sinergitas masyarakat dengan semua aparat terkait dalam usaha penanggulangan bencana alam, “ungkapnya.

Seperti kita ketahui Daerah Kabupaten Padang Pariaman memiliki potensi bencana Alam terutama Gempa Bumi Tsunami,Tanah Longsor dan Puting Beliung, untuk itu kita harus bisa mewaspadainya karena tugas itu bukan hanya tugas TNI Polri saja tetapi merupakan tugas kita semua.

Hal senada disampaikan Dandim 0308/ Pariaman,Letkol Arm Heri Pujiyanto, mengungkapkan, perlu ada kesiapan terencana dari TNI dan Polri yang bersinergi dengan BPBD ( Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana). “Aparat penegak hukum dan pertahanan, selain mengamankan, juga harus siap mengantisipasi terjadinya bencana Alam yang menjadi permasalahan di masyarakat,”terangnya.

Beberapa wilayah, kata Dandim, sudah terkena bencana Puting Beliung dan Tanah Longsor sehingga kewajiban aparat Negara membantu masyarakat terdampak yang menjadi korban. “Adanya perhatian dari aparat Negara ini, tujuannya agar masyarakat merasa terlindungi dan terayomi dengan baik, “pungkas Dandim. (Red)

  • Whatsapp

Pos terkait