Panglima TNI Bersama Kapolri Hadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci

  • Whatsapp

WARTALIKA.id – Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri acara upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Panglima TNI didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto menyambut Presiden Jokowi, Jakarta, Jumat (16/08/2019) sekitar pukul 23.50 WIB.

Seperti kata pepatah “Bangsa Yang Besar Adalah Bangsa Yang Menghargai Jasa Para Pahlawannya,” Dini hari tadi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci yang dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Apel ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia (RI).

Panglima TNI didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto menyambut Presiden Jokowi yang tiba sekitar pukul 23.50 WIB. Setibanya di lokasi, Presiden Jokowi langsung memasuki area TMP lewat gerbang utama.

Saat upacara berlangsung, pencahayaan di sekitar TMP Kalibata dipadamkan. Upacara juga dihadiri sejumlah pejabat negara. Para warga juga berkumpul di pinggir Jalan Raya Kalibata dan melihat dari kejauhan.

“Kami yang hadir hari ini, Sabtu 17 Agustus 2019 pukul 00.00 WIB, pada upacara mengenang jasa arwah para pahlawan nusa dan bangsa yang sudah bersemayam di taman makam pahlawan ini TNI Polri 9081 pahlawan, Badan Perjuangan 859 pahlawan, Tokoh Nasional 43 pahlawan, tidak dikenal 43 pahlawan. Jumlah total 10.026 pahlawan,” terang Presiden Jokowi membacakan naskah apel kehormatan dan renungkan suci.

“Begitu pun pahlawan yang tidak dikenal nama dan tempatnya, di kota-kota, di dusun-dusun, di lereng-lereng gunung, di lembah-lembah ngarai, dan di dasar-dasar lautan. Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhaan, keikhlasan, kesucian pengorbanan para pahlawan demi kebahagiaan nusa dan bangsa,” tambah Presiden Jokowi.

Presiden, didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, juga memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang tak dikenal dari seluruh pelosok Indonesia. Beliau mendoakan agar para pahlawan diberikan tempat yang layak di sisi-Nya.

Presiden Joko Widodo memimpin jalannya upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Apel yang digelar tepat pukul 00.00 WIB.

Apel itu ditutup dengan penghormatan terakhir untuk arwah para pahlawan. Sekitar pukul 00.10 WIB, Sabtu (17/08/2019) apel tersebut selesai.

Pewarta : Sugeng

Pos terkait