Kinerja Korem 071/Wijayakusuma di Periksa Tim Wasrik Itjenad

  • Whatsapp

WARTALIKA.id – Tim pengawas dan pemeriksa current audit Inspektorat Jenderal TNI Angkatan Darat (Itjenad) melaksanakan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan (wasrik) di Korem 071/Wijayakusuma, Senin (26/08/2019) di Aula Jenderal Soedirman Makorem 071/Wijayakusuma.

Selain untuk mengetahui secara langsung pelaksaan program kerja Korem 071/Wijayakusuma, kegiatan ini juga untuk mencocokan data yang dikirim ke pusat sesuai dengan fakta yang ada di lapangan.

Ketua tim pengawas dan pemeriksaan (Wasrik) current audit Itjenad Kolonel Inf Dwi Wahyu Winarto, S.I.P., M.M., M.Tr (Han) mengatakan wasrik ini penting, sebab dengan kegiatan ini, bukan hanya mengetahui pelaksaan program, namun juga sebagai bahan evaluasi, baik untuk perbaikan program maupun peningkatan kinerja.

“Kegiatan ini juga untuk mengetahui ketertiban, baik administrasi, anggaran dan kegiatan apakah sudah sesuai dengan ketentuan undang-undang yang berlaku atau belum,” katanya di sela-sela kegiatan tersebut.

Dwi Wahyu menjelaskan, dengan wasrik ini jika ada yang tidak sesuai dengan ketentuan, maka segera dapat diperbaiki dan ada solusinya. Namun sebaliknya bila sudah sesuai dengan aturan, berarti secara umum tidak ada masalah. “Karena itu perlu kerjasama dalam wasrik ini,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama menyampaikan, siapapun pemimpin nya ikuti sesuai prosedur apabila sudah sesuai aturan, namun apabila ada yang menyimpang mari kita sama-sama mengingatkan demi kebaikan satuan, di setiap satuan akan kita evaluasi setiap perpindahan pemimpin satuan itu sudah biasa. Internal kekuatan kontrol demi melaksanakan tugas dengan lancar yang lurus, sehingga setiap hak-hak anggota bisa terpenuhi dan dapat melaksanakan tugas pokoknya dengan baik.

“Kita datang kesini dalam rangka pengecekan administrasi program kerja satuan dalam melaksanakan tugas, sehingga apabila nanti ada yang masih salah akan kita sampaikan arahan untuk memperbaiki, apabila ada temuan penyimpangan terkait dana akan ada tim sendiri yang akan menyelesaikan sehingga uang tersebut bisa dikembalikan ke negara.

Apabila nanti setelah selesai pengecekan dan ada temuan, adakan tanda tangan integritas, agar di pedomani benar benar apa hasil temuan dari Tim Wasrik sehingga kedepannya bisa diperbaiki,” terangnya.

Sementara itu, Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han., dalam sambutannya yang dibacakan Kasrem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Heri Sumitro, S.Pd., mengatakan wasrik merupakan fungsi manajemen untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas kinerja organisasi. Kinerja organisasi akan dinilai baik bila telah memenuhi ketentuan administrasi pengelolaan anggaran yang sesuai dengan Sistem Akuntansi Keuangan (SAK) dan Sistem Akuntansi Instansi (SAI), sehingga memenuhi penilaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Karena itu wasrik ini memiliki arti penting dan nilai manfaat yang besar, terutama guna meningkatkan kinerja organisasi. Untuk itu, anggota Korem 071/Wijayakusuma harus transparan dalam memberikan data dan informasi, apalagi hasil wasrik ini akan menjadi masukan untuk perbaikan kinerja satuan,” kata Kolonel Dani.

Selain melaksanakan wasrik Korem 071/Wijayakusuma, Tim Wasrik Itjenad juga melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan Brigif 4/Dewa Ratna. @Red

Pos terkait