Mantab Program TMKK, Berhasil Tingkatkan Peserta KB di Yogyakarta

  • Whatsapp

WARTALIKA.id – Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Bakti Sosial TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK) tingkat Provinsi mengunjungi Ndalem Mangkubumen di Kadipaten, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Rabu (25/09/2019).

Kedatangan tim ‘Monev’ yang dipimpin drg. Pembayun Setyaningastuti M. Kes disambut Komandan Kodim 0734/Yka Kolonel Arh Zaenudin, S.H., M. Hum. didampingi Staf Ahli Bidang Perekonomian Dra. Septi Sri Rejeki beserta segenap Forkompinda Yogyakarta.

Walikota Yogyakarta dalam sambutan tertulis yang dibacakan Staf Ahli Bidang Perekonomian mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas TNI dengan aparat Pemerintah Kota Yogyakarta dan masyarakat guna mempromosikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Keluarga Berencana (KB).

Menurutnya, kerjasama ini terbukti bisa memberikan berkontribusi dalam menyukseskan program KB di Kota Yogyakarta.

Sementara itu, Komandan Kodim 0734/Yka menyampaikan, peran TNI dalam TNI manunggal Kes KB ini merupakan salah satu wujud kerjasama TNI dengan pemerintah kota Yogyakarta dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat.

Dirinya berharap, dengan adanya Program TNI Manunggal KB Kes ini dapat turut serta dalam pengendalian penduduk.

“Kesehatan masyarakat menjadi sasaran utama pada program TNI Manunggal KB”, pungkasnya.

Dengan masyarakat yang sehat dan keluarga bahagia diharapkan dapat membangun ketahanan keluarga, ketahanan daerah yang akhirnya akan bermuara pada ketahanan nasional.

Dilihat dari data menunjukkan bahwa Bakti Sosial TNI Manunggal KB-Kesehatan Tahun 2019 Kota Yogyakarta telah diselenggarakan beberapa kegiatan dan sampai dengan minggu ke II Bulan September 2019 mencapai 2.232 Akseptor (117%) dari target yang ditentukan sebanyak 1.905 Akseptor.

Selanjutnya kegiatan yang dilaksanakan di Kelompok Bina-bina Keluarga, Kelompok Usaha Peningkatan Keluarga Sejahtera (UPPKS), Kelompok Posyandu Kelompok PIK KRR rata-rata tercapai 100% .

Bakti sosial TNI Manunggal Kesehatan masih berlangsung hingga 31 Oktober 2019 di seluruh Kota Yogyakarta.

Selanjutnya drg. Pembayun Setyaningastuti M. Kes selaku Ketua Tim Monev dalam sambutannya menyampaikan tujuan utama monitoring kali ini untuk mencatat dan mengetahui sejauh mana pelaksanaan program pemerintah dalam hal pengendalian laju pertumbuhan penduduk.

Tim monev yang hadir pada kesempatan ini berjumlah 20 orang terdiri dari TNI, Kepolisian, Persit, Pemprov DIY dan TPPKK DIY.

Pada kesempatan ini juga diserahkan Surat Keputusan (SK) Kampung KB oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Provinsi DIY Drg. Ema Rahmi Aryani M.M kepada Perwakilan Masyarakat dari Kampung Taman, sebagai bentuk apresiasi pemerintah atas partisipasinya dalam pengendalian jumlah penduduk.[PR]

Pos terkait