Road Show Wawasan Kebangsaan Dandim 0734/Yka Menyasar Mahasiswa Jogja

  • Whatsapp

WARTALIKA.id – Komandan Kodim 0734/Yka Kolonel Arh Zaenudin, S.H., M.Hum. membuat terobosan baru dalam menanamkan karakter kebangsaan yakni melalui Road Show Ceramah Wawasan Kebangsaan.

Memasuki hari ketiga, Road Show yang ditujukan kepada Mahasiswa dan Mahasiswi dari berbagai daerah yang kuliah di Yogyakarta itu digelar di Asrama Putra Mahasiswa Sulawesi Tengah, Jalan Bintaran Tengah Nomor 8, Wirogunan, Mergangsan, Yogyakarta, Rabu, (25/09/2019).

Bacaan Lainnya

Idul Fitri 1441 H

Dalam ceramahnya, Dandim 0734/Yka menyampaikan tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan demi keutuhan NKRI yang kita cintai.

“Walaupun berbeda Pulau, Suku, Ras dan Agama, kita harus selalu menjaga persatuan dan kesatuan, sesuai dengan semboyan bangsa Indonesia Bhineka Tunggal Ika yang artinya berbeda beda tetapi satu jua”, tegasnya.

Menurutnya, perbedaan-perbedaan yang ada justru merupakan kekayaan yang harus kita jaga dan kita lestarikan sebagai kekuatan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa sesuai dengan semangat sumpah pemuda.

Dikaitkan dengan situasi saat sekarang ini, dan dengan adanya persaingan Global menuntut generasi muda bisa menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing.

Selain itu, dengan perubahan dan kemajuan tehnologi yang begitu pesat banyak membawa pengaruh dan perubahan bagi masyarakat luas. Apabila tidak ada filter dengan baik maka akan merusak generasi penerus bangsa, imbuhnya.

Mantan Kapendam IV/Diponegoro itu juga mengungkapkan, salah satu upaya yang dapat dilakukan diantaranya dengan membentuk karakter dan perilaku masyarakat.

”Generasi muda harus berbuat yang terbaik untuk diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara” ungkap Dandim mengakhiri ceramahnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Kesbang Kota Yogyakarta, Diasma Sandi Swandaru (PSP UGM Yogyakarta), Catur Setyo Ari Nugroro, S.psi (FPK Kota Yogyakarta).[PR].

Pos terkait