Dankodiklatal Harus Tinggalkan Mindset

  • Whatsapp

WARTALIKA.id – Kodiklatal sebagai kotama pembinaan selalu siap dan mampu melaksanakan tugas dan fungsi yang dipercayakan oleh TNI AL. Dedikasi, loyalitas, disiplin dan semangat kerja yang tinggi telah menjadi ciri khas prajurit Kodiklatal yang harus selalu dijaga, dipelihara dan bahkan ditingkatkan. Oleh sebab itu Tinggalkan mindset bekerja karena memandang siapa pemimpin saudara, tetapi bekerjalah secara ikhlas berdasarkan tugas dan tanggung jawab yang ada, Surabaya, Jawa Timur, Kamis(26/12/2019).

Demikian disampaikan Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Dedy Yulianto dihadapan ribuan prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada apel kusus Exit Briefing yang dilaksanakan di lapangan Laut Maluku Kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya.

Baca Juga :

Pencegahan Covid 19

Kegiatan exit briefing ini sebagai rangkaian kegiatan serah terima jabatan Komandan Kodiklatal dari Laksda TNI Dedi Yulianto kepada Laksda TNI Nurhidayat, S.H., M.A.P. Yang akan dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 27 Desember 2019 besok di Mabesal Jakarta. Kegiatan exit briefing ini sekaligus digunakan untuk bersilaturahmi di akhir masa jabatan komandan Kodiklatal dan juga memberikan beberapa arahan dalam pelaksanaan tugas-tugas ke depan

Dalam kesempatan tersebut Komandan Kodiklatal menyampaikan tantangan tugas ke depan Kodiklatal meningkat sehubungan dengan validasi organisasi TNI AL sesuai Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2019, dimana terdapat peningkatan kepangkatan pada beberapa jabatan eselon pembantu pimpinan dan eselon komando pelaksana. Pengembangan organisasi baru seperti organisasi Ditdiklat Kodiklatal dipecah menjadi dua Ditdik dan Ditlat, serta penambahan organisasi baru yang sedang diusulkan seperti Satkomlek Kodiklatal, Baginfolahta Kodiklatal dan Bagpam Kodiklatal.

Semuanya itu memerlukan kerja keras dari seluruh pengawak organisasi Kodiklatal untuk mulai menyiapkan restrukturisasi organisasi, mulai dari perangkat lunak hingga sarana prasarana yang memadai untuk kebutuhan suatu organisasi agar dapat berjalan lancar dalam melaksanakan tugas dan fungsi yang diemban.

Untuk mendukung kegiatan operasional dalam rangka pencapaian pelaksanaan tugas Kodiklatal dan penyelarasan Renbangkuat personel TNI AL tahun 2018-2024, akan terjadi peningkatan jumlah prodik dan siswa di Puslatdiksarmil dan Kodikmar yang signifikan. Untuk itu, antisipasi jadwal pelaksanaan prodik yang bersamaan, dihadapkan dengan terbatasnya fasilitas pendidikan dan sarana prasarana yang tidak mencukupi maupun kebutuhan personel bingsis, sehingga program pendidikan tetap dapat berjalan dengan baik

Menurutnya dinamika dan situasi nyata di lapangan yang dihadapi masing-masing pimpinan tidak akan pernah sama. Untuk itu saya berharap saudara sekalian dapat menyesuaikan dengan kebijakan yang akan ditempuh oleh Komandan Kodiklatal yang baru dalam mengimplementasikan tugas pokok organisasi di lapangan dengan tetap memperhatikan garis kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemimpin TNI AL.

Oleh sebab itu Tingkatkan soliditas dan koordinasi antar satuan kerja sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku demi tercapainya sasaran tugas kodiklatal ke arah yang lebih baik. Tingkatkan pembinaan kemampuan profesi personel sesuai bidang tugas masing-masing untuk mencapai standar kompetensi dan profesionalisme prajurit agar dapat memberikan pengabdian terbaik bagi organisasi

Diakhir sambutanya Komandan Kodiklatal dan keluarga mohon diri kepada seluruh jajaran Kodiklatal yang telah bersama-sama bekerja dan mengabdi di lembaga pendidikan ini sejak 14 bulan yang lalu, tepatnya pada tanggal 17 oktober 2018pada saat pertama kali saya menerima tugas sebagai Komandan Kodiklatal.

Secara pribadi dan selaku komandan kodiklatal, dirinya mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas dukungan, bantuan dan kerja sama yang diberikan kepadanya dengan tulus dan ikhlas, sehingga mampu membawa kodiklatal menjadi organisasi yang solid karena kekompakan dan kebersamaan dalam melaksanakan setiap tugas yang diemban.

Selesai melaksanakan exit briefing dilanjutkan dengan penandatanganan memorandum Komandan Kodiklatal yang dilaksanakan di Gedung Joglo Moeljadi, penandatanganan memorandum ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny.Anti Dedy Yulianto kepada Ny. Titi Nurhidayat, pisah sambut yang dilaksanakan di gedung Moeljadi dan diakhiri dengan pelepasan (Farwell) Laksda TNI Dedy Yulianto beserta Ibu yang dilaksanakan di Loby Mako Gedung Kihadjar Dewantara.

Pos terkait