Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Online, Panglima TNI Kenakan PDU 1

  • Whatsapp
Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto
Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto
AGUNG NUROHO

WARTALIKA.id – Pandemi Covid-19 yang semakin merajalela di Indonesia dengan 26.940 Kasus sejak Senin 1 Juni 2020, tak menyurutkan pejabat negara melaksanakan peringatan upacara Hari Lahir Pancasila.

Meski digelar secara online atau Dalam Jaringan (Daring). Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, tetap antusias mengikuti upacara di kediaman Panglima TNI Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (1/6/2020).

Bacaan Lainnya

Dengan menggunakan Pakaian Dinas Upacara (PDU) 1, Panglima TNI berdiri seperti layaknya upacara di lapangan.

Presiden RI Joko Widodo bertindak selaku Inspektur Upacara pada peringatan Hari Lahir Pancasila  tersebut. Dalam pidatonya Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 yang menguji daya juang kita sebagai bangsa, menguji pengorbanan kita, menguji kedisiplinan kita, menguji kepatuhan kita, menguji ketenangan dalam mengambil langkah kebijakan yang cepat dan tepat.

Menurut Presiden Joko Widodo, kita bersyukur bahwa Pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk menggerakkan semuanya, menggerakkan persatuan dalam mengatasi semua tantangan, menggerakkan rasa kepedulian untuk saling berbagi memperkokoh persaudaraan dan kegotongroyongan, untuk meringankan beban seluruh anak negeri dan menumbuhkan Daya juang dalam mengatasi setiap kesulitan dan tantangan yang dihadapi.

Upacara yang dilaksanakan secara Daring tersebut diikuti oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, Para Menteri Kabinet Indonesia Kerja, Kepala BPIP Yudian Wahyudi, hingga Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri.

Pos terkait