Kapusdiklat Bahasa Resmi Ditutup Kursus Dasar 

  • Whatsapp
AGUNG NUROHO

WARTALIKA.id – Pondok Labu-Jaksel. Kapusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan Brigjen TNI Yudhy Chandra Jaya, M.A.secara resmi menutup kursus Dasar Instruktur Bahasa Inggris (DIBI) Ke-45 dan Kursus Intensif Bahasa Inggris (KIBI) Ke-96 TA. 2020 bertempat di Aula Pusdiklat Bahasa, Pondok Labu-Jaksel, Kamis (18/6/2020).

Kursus Dasar Instruktur Bahasa Inggris diikuti oleh 12 siswa sedangkan untuk Kursus Intensif Bahasa Inggris Ke-96 diikuti oleh 48 siswa. Pada awal kursus Proses Belajar Mengajar (PBM) berjalan normal sebagaimana biasanya dengan tatap muka di kelas sesuai Rangka Pelajaran Terurai (RPT) dengan alokasi waktu 702 jam pelajaran untuk DIBI dan 532 jam pelajaran untuk KIBI.

Bacaan Lainnya

Namun sejak bulan April terjadinya wabah pandemi Covid 19 yang melanda dunia, maka seluruh proses belajar peserta didik melalui media online. Hal ini memerlukan kerja keras dan konsentrasi yang lebih tinggi baik dari para widyaiswara (guru) maupun siswa.

Melalui proses belajar online ini para widyaiswara dan siswa harus belajar menyesuaikan dengan teknologi digital untuk memperlancar proses belajar mengajar. Berkat kegigihan dan semangat belajar, para siswa berhasil lulus dengan predikat memuaskan.

Kapusdiklat Bahasa Brigjen TNI Yudhy Chandra Jaya, M.A. dalam sambutannya menyampaikan bahwa beliau sangat mengapresiasi upaya widyaiswara dan siswa yang terus menjaga semangat dan senantiasa memotivasi diri untuk tetap belajar di tengah kondisi yang tidak biasa seperti saat ini, hal ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi widyaiswara dan siswa dalam mengikuti proses belajar-mengajar di Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris,” ucapnya.

Lanjutnya Kapusdiklat Bahasa memaklumi bahwa konsentrasi para siswa tidak bisa terfokus pada kegiatan belajar karena para siswa juga harus memikirkan keadaan dan kondisi keluarga,” tambah.

Kapusdiklat Bahasa berharap kepada para alumni, untuk terus meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan mempraktikkan pengetahuan bahasa yang telah dipelajari dengan memanfaatkan media teknologi yang ada saat ini. Kemampuan berbahasa harus tetap diasah dan dikembangkan dengan bantuan media-media interaktif, selain dengan berkomunikasi dengan komunitas bahasa Inggris yang ada,” harapnya.

Dalam acara tersebut dihadiri pula Kabidopsdiklat Kolonel Caj. Hasanuddin Salsab, M.Ed., Kabidren Pembina Tk.I IV/b Wahyudi Indrayana, M.M., Kabid. Evkat Kolonel Laut (KH) Puji Santoso, S.Pd., M.A., Kakursus Kolonel Sus Drs. Istarto, M. App.Ling., para Widyaiswara Madya, Kasubbag TU Letkol Caj. Yuline Monako, S.Pd., M.App.Ling.

Mengakhiri sambutannya, beliau menyampaikan ucapan “Selamat dan Sukses” kepada siswa yang telah menyelesaikan Kursus di Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan yang selanjutkan akan bertugas kembali di satuan masing-masing,” pungkasnya.

Pos terkait