Dandim Yogya: Pencak Silat Bukan Sekedar Seni Beladiri

  • Whatsapp
AGUNG NUROHO

WARTALIKA.id – Pencak silat disamping bagian dari seni bela diri juga merupakan salah satu budaya peninggalan bangsa yang ikut membentuk watak dan karakter masyarakat Indonesia. Demikian disampaikan Komandan Kodim 0734/Yka, Kolonel Arh Zaenudin dalam acara Komunikasi Sosial Kreatif Kodim Yogyakarta dengan beberapa perguruan pencak silat wilayah Yogyakarta,  di Aula Kodim 0734/Yogyakarta, Kamis(18/6/2020).

Hadir dalam acara tersebut Komandan Kodim 0734/Yka Kolonel Arh Zaenudin, S.H., M.Hum., Kepala Staf Kodim Letkol Arh Tjatur Supriyono, S.Si., M.Sc, Ketua IPSI Kota Yogyakarta Bp. Heryos Sukamto, Kapten Inf Dedyk Pasiter Kodim 0734/Yka dan perwakilan perguruan pencak silat wilayah Kota Yogyakarta.

Bacaan Lainnya

Komsos Kreatif yang diselenggarakan Kodim 0734/ Yka ini mengangkat tema “ Melalui Pembinaan Pencak Silat Tradisional, Membentuk Sumber Daya Manusia Kreatif, Inovatif dan Adaptif”.

Dalam sambutannya Komandan Kodim 0734/Yka, Kolonel Arh Zaenudin, S.H., M.Hum., menyampaikan bahwa bela diri pencak silat merupakan salah satu bela diri khas yang berasal dari Indonesia yang merupakan budaya yang sudah diakui oleh Unesco sebagai warisan asli Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia, kita harus bangga dengan budaya yang kita miliki dan sedah semestinya turut melestarikan agar tidak punah.

“Bahkan dengan pencak silat menjadi salah satu alat pempersatu Nusantara dan menjadi identitas bangsa yang sudah di pertandingan di Skala Internasional. Kodim 0734/Yka bersama KONI. IPSI dan benerapa perguruan pencak silat melakukan pembinaan beladiri pencak silat tradisional yang ada di wilayah. lebih lanjut Zaenudin menyampaikan bahwa disamping memiliki nilai seni, pencak silat juga mengajarkan keberanian, kedisiplinan, keuletan, kreatifitas, inovasi. Disamping itu, para atlet juga harus adaptif untuk bisa menang dalam sebuah pertandingan.

Jika hal ini bisa ditumbuh kembangkan dikalangan masyarakat tentunya akan memberikan kontribusi positif dalam membentuk generasi unggul yang berintegritas dan berkarakter serta memperkuat daya tahan bangsa menghadapi berbagai ancaman.

Terkait wabah covid-19, Kol Arh Zaenudin menyampaikan bahwa melalui komsos kali ini, disamping silaturahmi dan mengajak masyarakat untuk menjaga kebugaran melalui olah raga bela diri, juga mengajak para atlit dan perguruan bela diri untuk aktif menjadi pelopor dan mengajak masyarakat lebih patuh, disiplin dan penduli terhadap protokol kesehatan guna mencegah penyebaran wabah Covid-19.

“Saya mengajak kepada seluruh atlet dan perguruan pencak silat untuk terus menerus, jangan pernah bosan untuk mengingatkan dan mengajak masyarakat patuh dan disiplin dalam memakai masker, jaga jarak, hidup bersih dan hindari kerumunan,” pungkasnya.

Pos terkait