Babinsa Pante Raja Manggeng Dampingi Rapid Test

  • Whatsapp

WARTALIKA.id – Dua orang anggota Babinsa Koramil 06/Manggeng Kodim 0110/Abdya Serda Wahyono dan Serda Hermanto monitoring kegiatan rapid test di wilayah binaan, Desa Pante Raja Kecamatan Manggeng, Jumat (26/6/2020).

Serda Hermanto mengatakan, uji rapid test dilakukan oleh petugas Puskesmas Manggeng dan Dinkes Abdya. Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan salah satu keluarga yang baru saja pulang dari negeri jiran. Laporan yang diterima menyebutkan hasil rapid test tersebut semuanya dinyatakan negatif.

“Kita dampingi kegiatan ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, dan kita bantu semaksimal mungkin privacy mereka,” ujarnya.

Belajar dari pengalaman sebelumnya Serda Hermanto mengungkapkan warga yang disasar untuk rapid test umumnya menolak dan tidak kooperatif. Hal ini dikarenakan adanya stigma negatif di kalangan masyarakat bahwa warga yang dirapid test harus diwaspadai “dijauhi”.

“Ini yang kita sayangkan. Setiap dibujuk oleh petugas kesehatan mereka selalu menolak, dan mengatakan saya sehat, tidak perlu dirapid test, yang ada nanti saya malah dijauhi sama orang-orang. Maka dari itu uji rapid test ini kita dampingi,” tutupnya.

Pos terkait