Kades Braja Asri Hilangkan Pemberdayaan Masyarakat dan Gunakan Alat Berat

  • Whatsapp
Kades Braja Asri Hilangkan Pemberdayaan Masyarakat dan Gunakan Alat Berat
Foto : Proyek penggalian drainase di dusun I sampai dengan dusun 4

WARTALIKA.id – Kepala Desa Braja Asri Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur bernama Suyatno diduga dengan sengaja meniadakan atau mengangkangi pemberdayaan masyarakat  saat mengerjakan penggalian Drainase di dusun I sampai dengan dusun 4 dengan volume panjang 1500 meter di desa setempat dan lebih memilih menggunakan alat berat ekskavator saat penggalian.

Pasalnya pada saat WARTALIKA.id, Senin (4/11/2019) melakukan sosial kontrol di  lapangan di dusun 1 dan dusun 4 di Desa Braja Asri Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur. Salah satu warga setempat yang enggan di publikasikan identitasnya saat berbincang-bincang mengatakan bahwa pada saat penggalian tidak mengutamakan tenaga kerja dari masyarakat setempat malah menggunakan alat berat ekskavator.

Muat Lebih

“Ya bang saya warga dusun 1 Desa Braja Asri Kecamatan Way Jepara,” katanya menjawab saat ditanya tinggal di mana.

Lebih lanjut warga Dusun 1 memaparkan, memang benar pada saat pengerjaan penggalian tanah nya menggunakan ekskavator dan gak ada tenaga kerja dari masyarakat khususnya warga Desa Braja Asri yang di berdayaan sebagai tenaga kerja untuk penggaliannya. Ya gak mungkin lagi mas wong sudah di gali pakai ekskavator,” jelas beberapa warga dari dusun 1 desa setempat.

Ditempat berbeda, mengenai dugaan tak ada pemberdayaan masyarakat pada penggalian tanah sebelum pemasangan batu pada pembangunan drainase yang panjang volume 1500 meter  di dusun I dan dusun IV Desa Baraja Asri, mengundang perhatian khusus Kepala Bidang (Kabib) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Lampung Timur.

“Menurut sepengatahuan saya bahwa di 264 Desa di Kabupaten Lampung Timur bahwa di dalam Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) di situ jelas mengenai Harian Orang Kerja (HOK). Dan kami ucapakan terima kasih dengan adanya informasi yang di sampaikan rekan media dari WARTALIKA.id dengan hasil sosial kontrolnya di lapangan dan akan kami tidaklanjuti,” tegas Kabib PMD Lampung Timur.

Guna memberikan berita yang berimbang, Kepala Desa Braja Asri Suyatno hingga berita ini ditayangkan tidak berhasil ditemui baik di kantor maupun di tempat kediamannya, dikonfirmasi via telepon pun no nya tidak aktif.

 

Pos terkait