Yosep: Lembaga Dewan Pers Semakin Lebih Baik di Bawah Kepemimpinan Mohammad Nuh

  • Whatsapp

WARTALIKA.id – Pengurus Dewan Pers periode 2016-2019, yang dipimpin oleh Yosep Adi Prasetyo melakukan pisah sambut dengan anggota Dewan Pers periode 2019-2022, yang dipimpin oleh Mohammad Nuh, pisah sambut di gelar di lantai 4, Hotel Sari Pan Pacific, Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (12/06/2019).

Dalam kesempatan tersebut, mantan Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo, memberikan sambutan selamat datang kepada penerusnya, Mohammad Nuh.

Yosep, berharap Dewan Pers di bawah kepemimpinan Mohammad Nuh dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

“Banyak ahli pers kita yang masuk ke politik, yang masuk ke partai, tentu tidak bisa lagi digunakan keahliannya. Tugas dewan pers nanti yang baru di bawah kepimpinan pak Nuh, adalah melatih kembali, merebut kembali alih pers alih pers jangan sampai kasus pers dibawa ke kasus pidana, maupun perdata, kalau bisa diselesaikan di dewan pers,” kata Yosep.

Yosep mengatakan anggota Dewan Pers yang baru akan langsung disuguhi satu pekerjaan rumah yang harus diselesaikan dengan baik.

“Kita tahu setelah libur Idul Fitri sudah ada PR (Pekerjaan Rumah) Dewan Pers ini karena ada liputan yang dilaporkan. Saya kira Dewan Pers akan mencoba menyelesaikan dengan UU 40 tahun 1999,” katanya.

“Menurutnya pekerjaan rumah berat bagi Dewan Pers ke depan adalah bagaimana membuat kemerdekaan pers di republik ini serta meningkatan profesionalitasnya”.

“Jangan sampai kemudian ditemukan media-media yang tidak jelas,” jelasnya.

Yosep pun berharap, agar lembaga Dewan Pers semakin lebih baik di bawah kepemimpinan Mohammad Nuh.

“Saya berharap Dewan Pers ke depan itu pekerjaannya lebih lancar. Saya kira, pers merupakan bagian penting dalam demokrasi ini, karena kita tahu ketika eksekutif bermasalah, yudikatif bermasalah, legislatif bermasalah, pers yang menjadi pilar keempat berdemokrasi yang bekerja. Pers yang harus tepat dan kritis menyampaikan kritik-kritiknya, pers harus menyampaikan peringatan-peringatan sebagai bagian early warning system,” katanya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise, Ketua KPU Arief Budiman, Ketua Bawaslu Abhan, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Muhammad Iqbal, Kapuspen TNI Mayjen Sisriadi, Mantan Ketua Dewan Pers Bagir Manan dan sejumlah tokoh lainnya.

Acara Pisah Sambut ini bertujuan untuk mempertemukan para anggota Dewan Pers yang dipimpin oleh Yosep Adi Prasetyo dan anggota Dewan Pers yang dipimpin oleh Mohammad Nuh periode 2019-2022.

Pewarta : Sugeng

  • Whatsapp

Pos terkait