Anggaran DD tahap satu 2019 Kampung Lani Prioritas Rehabilitasi Tempat Ibadah

  • Whatsapp
AGUNG NUROHO

WARTALIKA.id – Sesuai Himbauan Presiden Joko Widodo agar masyarakat memanfaatkan penggunaan dana desa sesuai keperluan. menanggapi ajuran tersebut, Kali ini Paulus A. Rumaniori selaku Kepala Kampung Lani memprioritasi dana Desa(DD) tahap 1 (satu) 2019 guna untuk rehabilitasi 8 Rumah Tempat Ibadah (RTI), serta pelatihan pengembangan masyarakat dari berbagai pelatihan dalam bidang tani dan nelayan yang ada di Kampung Lani, Distrik Kimi, Kabupaten Nabire. (26/09/2019).

Kepada Wartalika, Kepala Kampung Lani Paulus A. Rumaniori mengatakan, “Untuk Dana desa tahap pertama 2019, melalui rapat penggalian gagasan di tingkat RT sampai pada tingkat Kampung selanjutnya kami olah sehingga menjadi dokumen anggaran, sehingga pada Jumat (20/09/2019) kami menerima pencairan tahap 1 (satu) untuk DD 20% dengan ADD dan BHP 40% anggaran tersebut berjumlah Rp 832.910.600,”ungkap Paulus.

Bacaan Lainnya

“khususnya ADD diprioritaskan guna untuk operasional serta gaji, dan untuk DD diperioritaskan untuk rehabilitasi sarana ibadah,”terangnya.

“Adapun Rumah Ibadah yang mendapatkan bantuan dari DD yaitu Gereja Gidi Anugra, Gereja Kema Injil Siloam, Gerja Baptis, Gereja Gidi Petra, Gereja Gidi Siria, Gereja Gidi Pison, Gerja GPSI, Gereja GKI Talitakumi.

Selain bantuan kepada rumah – rumah tempat ibadah (Gereja), sebagian anggaran juga di peruntukan guna pemberdayaan masyarakat melalui berbagai pelatihan, hal tersebut bertujuan untuk meninggkatkan pengetahuan masyarakat baik dalam bidang Tani, Nelayan dan lain lain. Hal ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat yang ada di kampung lani,” terang Paulus.

Masih lanjut kepala Kampung Lani, “dalam hal ini, berdasarkan Belanja aset Pemerinta kampung maka itu dari 30% operasional Pemerinta Kampung kami lakukan pengadaan fasilitas penunjang pekerjaan aparat kampung yaitu 5 Unit kendaraan bermotor roda dua.

Hal senada di sampaikan Arnold Malaba selaku Kasi Pemerintahan Kampung Lani, sekaligus ketua tim pelaksana kegiatan kampung lani 2019 menyampakan, “Dalam rangka bantuan pembangunan tempat ibadah tersebut bahwa pemerintah kampung telah mengalokasikan dana, tentunya hal tersebut sangat membantu jemaat yang ada di masing masing tempat ibada tersebut.

Kepala kampung Lani Paulus A. Rumaniori berharap agar dengan adanya bantuan tersebut agar masyarakat bisa menggunakan secara baik, meskipun bantuan yang di berikan tidak sesuai yang di butuhkan, namun pemerintah memberikan perubahan sesuai harapan yang di butuhkan masyarakat.

“Bagi aparat kampung yang telah menerimah fasilitas penunjang pekerjaan yaitu 5 unit kedaraan roda 2, dalam hal ini agar lebih giat lagi serta kompak dalam melaksanakan tugas guna untuk peningkatan
pelayanan terhadap masyarakat kususnya yang ada di Kampung Lani,” tegas Paulus.

Pewarta: RK

Pos terkait