Pemerintah Muna Barat Abaikan Ancaman Corona?

  • Whatsapp

WARTALIKA.id – Upaya pencegahan penyebaran wabah virus corona (COVID-19), terkesan dipinggirkan alias diabaikan oleh pemerintah daerah Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara? Fasilitas sarana kesehatan seperti alat pengukur suhu tubuh atau termometer inframerah tidak ada di Puskesmas atau RSUD setempat.

Pasien dan pengantar yang hendak mendapatkan pelayanan kesehatan secara leluasa melakukan interaksi tatap muka tanpa dilakukan pemeriksaan suhu tubuh terlebih dulu. Padahal, peluang penyebaran virus corona pasti selalu ada.

Bacaan Lainnya

Pencegahan Covid 19

Meskipun diketahui, Muna Barat belum ada yang dinyatakan positif COVID-19. Namun, antisipasi lebih awal tentunya menjadi hal yang lebih penting. Apalagi, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara beberapa waktu lalu telah mengumumkan 3 orang positif terkena virus berbahaya itu di Kota Kendari.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muna Barat La Ode Muhammad Ishar Masiala juga membenarkan, bahwa saat ini di 15 Puskesmas dan RSUD Muna Barat tidak memiliki alat pengukur suhu tubuh. Bahkan ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) juga sangat terbatas.

“Ia alat pengukur suhu tubuh kita memang belum ada. APD kita juga sangat terbatas jumlahnya, baru sekitar 30 yang kita dapat dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) beberapa waktu lalu,” ujar Ishar Masiala melalui sambungan telepon kepada WARTALIKA.id, Senin(23/03/2020).

Meski demikian, lanjut Ishar Masiala, pihaknya terus melakukan upaya dengan melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi untuk pengadaan fasilitas kesehatan tersebut.

“Mudah – mudahan dalam waktu dekat ini sudah ada di Muna Barat,” tuturnya.

Ishar Masiala juga bilang, secara teknis pemerintah daerah Muna Barat telah melakukan rapat persiapan sekaligus pembentukan gugus tugas pengendali Covid-19 dengan melibatkan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) termasuk Kapolres dan Dandim 1416 Muna.

Selain itu kata Ishar Masiala, pihaknya juga telah mengintruksikan kepada seluruh OPD agar menyiapkan anti septik dan masker untuk menghadang penyebaran virus corona di wilayah Muna Barat.

Ia juga berharap agar seluruh masyarakat Mubar tetap waspada, jangan panik, mengikuti semua instruksi pemerintah, terapkan hidup sehat, sering cuci tangan dengan menggunakan sabun atau anti septik, hindari kerumunan orang dan jangan keluar rumah jika tidak terlalu penting.

“Mari kita lawan melalui kesadaran diri kita, mengantisipasi lebih baik dari mengobati. Dengan kesadaran kita bisa terhindar dari wabah virus corona,” kunci Ishar Masiala.

Pewarta : Dennis

HUT PERSIT KCK

Pos terkait