Komnas PA: Pemerkosaan Gadis 16 Tahun Adalah Kejahatan Luar Biasa 

  • Whatsapp

WARTALIKA.id – Ketua Umum Komisi Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait menyebut pemerkosaan yang menimpa gadis 16 tahun di Kabupaten Tangerang adalah kejahatan yang luar biasa.

Korban merupakan siswi SMP ini mengaku telah disetubuhi oleh MY (28) dan AR (55) sebanyak dua kali, pada Desember 2019 lalu.

Bacaan Lainnya

“Berdasarkan dari pengakuan korban, bahwa pelaku pertama MY merupakan saudara korban, dan pelaku kedua AR adalah tetangga korban,” kata Arist dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (20/8/2020)

Menurutnya, berdasarkan hasil penelusuran Tim Advokasi dan Litigasi Komnas PA atas kasus kejahatan seksual yang dialami anak perempuan di bawah umur ini. Korban diancam dan disakiti. Tentunya dalam kasus ini, pelaku dapat dikategorikan telah melakukan tindak pidana kekerasan seksual yang kejam dan luar biasa (rxtraordinary).

Untuk itu, demi keadilan hukum bagi korban, Komnas PA akan mendorong Polres Tangerang untuk menjerat kedua pelaku dengan UU RI Nomor 17 Tahun 2016 tentang penerapan Perpu Nomor 1 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Undang-undang RI Nomor : 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak, junto Undang-undang RI Nomor : 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-undang 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak.

“Dengan demikian sebagai konsekuensinya kedua pelaku terancam hukum 20 tahun penjara bahkan seumur hidup,” tegas Aris.

Selain itu, ia meminta pemerintah Kabupaten Tangerang untuk memulihkan dan merehabilitasi psikologis atas trauma korban.

Komnas PA juga akan mendampingi proses hukum bagi korban kejahatan seksual ini dan menghimbau kepada semua orangtua untuk meningkatkan penjagaan dan perlindungan bagi anak-anaknya dari tindak kejahatan seksual

“Pemerintah Kabupaten Tangerang harus hadir guna memutus mata rantai kekerasan seksual terhadap anak yaitu menggunakan strategi membangun gerakan perlindungan anak terpadu berbasis kampung dengan memanfaatkan organisasi sosial desa dan kampung,” imbuhnya.

Pos terkait