Stok Menipis, Wagub DKI Ajak Warga Donor Darah

  • Whatsapp
Ketua Koordinatoriat PWI Jakbar Kornelius Naibaho

WARTALIKA.id – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengungkapkan adanya penurunan stok kantong darah di Jakarta. Hal itu terjadi, karena masyarakat takut mendonorkan darah pada masa pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Ariza saat mengunjungi kegiatan donor darah di Gedung P3 Paud dan Dikmas DKI Jakarta di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (25/8/2020).

Baca Juga :

Kegiatan ini merupakan Pemprov DKI kolaborasi dengan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan Palang Merah Indonesia (PMI).

Ariza mengatakan bahwa seluruh elemen masyarakat membutuhkan bantuan dan uluran tangan dari warga untuk membantu mendonorkan darah.

“Untuk itu kita terus menggalakkan seluruh elemen masyarakat hingga organisasi-organisasi apapun seperti FKDM dan Forum Pembaruan Kebangsaan (FPK) untuk membantu PMI dalam mengumpulkan darah. Karena setiap hari kurang lebih 1000 kantong yang kita butuhkan untuk dikumpulkan, sehingga harus saling membantu,” ujarnya

Lebih lanjut, Ariza juga mengapresiasi jajaran Pemkot Jakarta Barat yang turut aktif mengajak seluruh elemen masyarakat dan organisasinya, dalam mewujudkan aksi sosial seperti kegiatan donor darah berserta pembagian bansos bagi pendonor.

“Jadi sekarang saatnya kita berbuat kebaikan untuk peduli, saling tolong menolong baik dari pemerintah, industri swasta, maupun lapisan masyarakat sudah seharusnya untuk saling tolong menolong,” tambahnya.

Dia kembali mengingatkan agar seluruh warga DKI Jakarta disiplin menerapkan protokol kesehatan. Adapun protokol tersebut adalah dengan menggunakan masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan.

“Semua itu harus berjalan dengan menerapkan sistem mengenakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak (3M) agar berjalan kondusif pada tengah pandemi,” imbuhnya.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi juga selaku Ketua PMI DKI Jakarta menambahkan kegiatan donor darah yang digelar ini merupakan inisiatif dari seluruh lapisan masyarakat yang akan berlangsung hingga 13 Oktober 2020 di beberapa tempat, yang puncaknya akan diadakan di Kantor Wali Kota Jakarta Barat.

Ia memastikan kegiatan tersebut akan berlangsung dengan aman meskipun masih dalam suasana pandemi Covid-19.

“Untuk warga Jakarta Barat yang ingin mendonor darahnya, tidak perlu ada rasa khawatir. Kita semua memahami jika dalam masa pandemi ini memiliki rasa ketakutan tersendiri, namun jika kita selalu menerapkan protokol kesehatan, semoga aman,” jelasnya.

Rustam juga menyebut, seperti yang tadi disampaikan bapak Wagub DKI dengan selalu menjalankan 3M dan aksi kemanusiaan mengingat kebutuhan darah sangat penting. “Semoga target hari ini minimal 300 kantong darah dapat diperoleh,” pungkas Rustam.

Perlu diketahui sebanyak 450 warga  yang telah melakukan donor darah mendapatkan satu unit bansos berupa sembako. Selain itu, pada puncak kegiatan donor darah di Jakarta Barat juga akan diberikan doorprize untuk memotivasi warga untuk lebih giat lagi dalam menjalankan aksi kemanusiaan tersebut.

 

Pos terkait