Sudin Perhubungan Jakbar Gelar Operasi Lintas Jaya

  • Whatsapp

WARTALIKA.id – Sebanyak 49 kendaraan roda dua dan empat ditindak dalam Operasi Lintas Jaya yang digelar oleh Suku Dinas Perhubungan Jakarta Barat bersama TNI-Polri.

Komandan regu Dishub Jakarta Barat Ahmad Afrianto mengatakan, penindakan dalam operasi ini ditujukan kepada sejumlah kendaraan angkutan umum dan barang maupun kendaraan pribadi dan bermotor.

Bacaan Lainnya

“Operasi ini digelar didua tempat yaitu di Jalan Benda, Rawa Bokor, Kalideres dan Pintu Air Jalan Kapuk Raya, Cengkareng,” ujar Ahmad, Senin (7/9/2020).

Adapun sebanyak 18 petugas diterjunkan dari personel Dishub Jakbar berkoordinasi dan bekerja sama dengan kepolisian dan TNI dalam operasi gabungan ini. Sebab, kata Ahmad, masing-masing instansi punya kewenangan sendiri dalam menindak pelanggar lalu lintas.

“Kita menindak plat kuning, seperti angkutan umum dan barang yang memang domainnya Dishub. Sedangkan Plat hitam seperti mobil pribadi dan motor itu, polisi lalu lintas yang melakukan,” jelas Ahmad.

Selama operasi ini, petugas Polantas Jakbar menilang 40 kendaraan. Sedangkan 7 unit kendaraan distop operasi oleh petugas Dishub Jakbar.

Ahmad menambahkan, operasi gabungan dilakukan untuk mengantisipasi kendaraan yang over dimensi dan over loading muatannya melebihi kapasitas agar tidak melanggar aturan di jalan.

Selain itu juga untuk menciptakan kondisi dan situasi lalu lintas yang aman, tertib, dan lancar.

“Masih banyak juga kendaraan yang tidak dilengkapi surat-suratnya ditindak. Namun sebagian kendaraan tersebut langsung di bawa ke terminal mobil barang Rawa Buaya Cengkareng, Jakarta Barat untuk proses lebih lanjut,” pungkasnya.

Pos terkait