Jelang PSBB, Petugas Gabungan Jakbar Sosialisasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan di Kota Tua

  • Whatsapp
Ketua Koordinatoriat PWI Jakbar Kornelius Naibaho

WARTALIKA.id – Seiring dengan meningkatnya jumlah kasus positif Covid-19 dan kembali ditetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta, ratusan personel gabungan Jakarta Barat menggelar sosialisasi dan pendisiplinan protokol kesehatan di kawasan Kota Tua, Taman Sari, Sabtu (12/9/2020).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Audie S Latuheru, Dandim 0503/JB Kolonel Infanteri Dadang Ismail Marzuki, Wakil Wali Kota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko dan jajaran unsur lainnya.

Baca Juga :

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Audie S Latuheru dalam sambutannya mengatakan, pihaknya dari kepolisian bersama Kodim 0503/JB dan Pemkot Jakarta Barat bersama-sama akan melakukan upaya pendisiplinan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19.

“Di Kota Tua ini biasanya banyak kegiatan. Kami khawatir korban bertambah banyak, tapi tingkat kehati-hatian kendur, sehingga kita perlu turun lagi bersama-sama agar masyarakat disiplin. Kita tegur lagi yang kumpul-kumpul tidak jaga jarak, kita berikan teguran dan imbauan,” ujar Audie.

Sementara Dandim 0503/JB Kolonel Infanteri Dadang Ismail Marzuki menyampaikan dalam kegiatan ini dikerahkan sekitar 400 personel gabungan Polri, TNI, Satpol PP dan lainnya.

“Kami hampiri masyarakat yang berkunjung ke sini. Biasanya pada hari libur Kota Tua banyak dikunjungi warga. Kami mengingatkan mereka agar tidak berkerumun dan selalu menerapkan protkes 3M
yaitu mamakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan jaga jarak,,” imbuhnya

Dikesempatan yang sama Wakil Wali Kota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko, menjelaskan kegiatan tersebut sebagai upaya pendisiplinan protkes Covid-19 sehingga diharapkan masyarakat semakin peduli dan terbiasa menerapkan 3M.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka penegakan Pergub DKI No 41 pasal 4 tahun 2020 dan Pergub Nomor 79 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan Covid-19

Wakil Walikota yang baru dilantik meminta kepada setiap warga wajib melindungi kesehatan dirinya dengan 3M dan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat).

Selain itu, dia juga ingin memastikan di tempat-tempat umum seperti tempat usaha, transportasi dan lainnya betul-betul menerapkan protokol kesehatan.

“Kita juga akan melakukan upaya penegakan sanksi administrasi sesuai ketentuan berlaku jika ada warga maupun pelaku usaha yang melangggar,” pungkasnya.

Kemudian personel gabungan menghampiri setiap pengunjung di kawasan Kota Tua untuk menerapkan 3M. Tak hanya itu, para pedagang kaki lima (PKL) pun yang berjualan juga diminta membubarkan dagangannya agar tidak menimbulkan kerumunan.

 

Pos terkait