62 Ton Porang Tujuan Tiongkok Disertifikasi Karantina Pertanian Semarang

  • Whatsapp
Porang
Foto : Porang

WARTALIKA.id – Porang (Amorphophallus Muelleri Blume) merupakan jenis tanaman umbi yang mengandung glucomannan berbentuk tepung.

“Glucomannan merupakan serat alami yang larut dalam air biasa digunakan sebagai aditif makanan sebagai emulsifier dan pengental,” kata Cisilia Triwidiyanti, S.P. Balai Karantina Pertanian Kelas I Semarang saat memberikan keterangan tertulis nya kepada WARTALIKA.id di Jakarta, Sabtu (13/7/2019) sore.

Bacaan Lainnya

Pencegahan Covid 19

Lebih jauh Cisilia mengatakan Porang dengan sejuta manfaat, mulai dari bahan pembuatan lem yang ramah lingkungan hingga campuran pembuatan komponen pesawat terbang dan parasut bernilai ekonomi tinggi.

“Harga porang yang masih basah sekitar Rp. 4.500 per kilogramnya, sedangkan untuk yang sudah kering mencapai Rp. 35.000 per kilogramnya,” ungkap dia.

“Komoditas porang telah berani ekspor ke beberapa negara terutama Jepang dan Tiongkok. Petugas Karantina Pertanian Semarang telah melakukan sertifikasi terhadap 3 kontainer atau 62 ton porang kering berbentuk chips senilai Rp. 2,1 milyar tujuan Tiongkok di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang,” ucap dial

“Di negara tujuan porang diolah menjadi tepung sebagai bahan makanan seperti mie, roti dan jelly,” pungkas dia.

Pewarta : Agung

Pos terkait