Desa Kedaton Induk Sukses Realisasikan Dana Desa 2019 Tahap Pertama

  • Whatsapp

WARTALIKA.id – Sasaran Dana Desa (DD) digunakan untuk membiayai penyelengaran pemerintah, pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan kemasyarakatan.

Guna mengatasi kesejangan pembangunnan antar desa, dan memperkuat masyarakat desa sebagai subjek dari pembangunan merupakan tujuan Dana Desa (DD) yang di Anggarkan Pemerintah Pusat melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang tersalurkan ke desa-desa melalui proses pemerintah kabupaten/kota.

Seperti halnya Desa Kedaton Induk Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur juga sebagai penerima bantuan Dana Desa (DD) tahun 2019 untuk tahap pertama 20% dan sudah terelisasikan.

Terkait Dana Desa (DD) tahun 2019 20% tahap pertama yang sudah terealisasikan juga di paparkan Rizal Hartoni Ali selaku Kepala Desa setempat pada WARTALIKA.id Senin (29/7/2019) saat di jumpai di kediamannya.

“Terima kasih atas silaturahminya datang ke rumah saya. Ya begini bang keadaan gubuk saya,” kata Rizal sapaan akrabnya yang terkenal dengan ramah tamahnya.

Lanjut Rizal, untuk  tahap pertama 20% Dana Desa (DD) tahun 2019 alhamdulilah sudah terealisasikan baik pada bangunan fisik atau pun di pemberdayan masyarakat, dalam pelaksanaan pengerjaan bangunan Desa Kedaton Induk saya percayakan pada Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Amirudin didampingi Lukman Arif sebagai Pendamping Lokal Desa (PLD) serta Pendamping Desa (PD) Ruliya Renata.

“Saya menghimbau pada tim ini selalu berkordinasi serta dalam pengerjaan bangunan  selalu mengutamakan kwalitas sesuai dengan juklak dan juknisnya dan juga mengutamakan masyarakat sendiri untuk tenaga kerjanya sehingga manfaat dari adanya DD bisa di rasakan langsung oleh masyarakat,” pintanya.

Saya selaku Kepala Desa, sambungnya bertanggung jawab dalam penggunaan Dana Desa dalam menata dan membangun Desa kedaton Induk.

Sementara, di tempat yang sama Amirudin selaku Tim Pengelola Kegiatan (TPK) menyampaikan dana desa tahap pertama 20 % sudah terelisasikan untuk bangunan fisik dan pemberdayaan.

“Untuk tahap pertama Dana Desa (DD) tahun 2019 sudah di realisasikan di bangunan Fisik gorong-gorong 2 unit di dusun III dan di dusun IV dan Telford 700 meter di dusun III dan di dusun IV,” imbuhnya.

Mengenai pelaksanaan pengerjaan bangunan kami utamakan masyarakat kami sendiri dan kwalitas bangunan ini yang kami utamakan, yang sesuai dengan juklak dan juknis yang sudah di tentukan dari pemerintah. “Dan juga Dana Desa tahap pertama masuk juga di pemberdayaan masyarakat untuk insentif guru paud, guru ngaji dan para kader,” papar Amirudin.

Pewarta : Asril

  • Whatsapp

Pos terkait