Desa Nampirejo Pusatkan Dana Desa Tahap Pertama Pada Gorong-gorong

Foto : Gorong-gorong di Desa Nampirejo (Inzet : Kades Nampirejo)
GTV

WARTALIKA.id – Program Pemerintah Pusat yang di anggarkan dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dalam program Dana Desa (DD) yang  bertujuan mengentaskan kesenjangan pembangunan antar desa, dan memperkuat masyarakat desa sebagai subjek dari pembangunan, yang di transfer melalui proses  pemerintah Kabupaten/Kota hingga tersalurkan di desa-desa di seluruh pelosok Indonesia.

Diawali melalui proses di tingkat desa dalam musyawarah desa sehingga di simpulkan kesepakatan untuk di tuangkan dalam  APBDdes (Anggaran Pendapatan Belanja Desa) baik pembangunan fisik atau nonfisik dan dasar pokok pada  pemberdayaan untuk masyarakat.

Terkait tujuan Dana Desa (DD) untuk mengentaskan kesenjangan pembangunan antara desa ini juga tersalurkan pada program Dana Desa (DD) tahun 2019 Desa Nampirejo  Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur.

Riyanto selaku Kepala Desa Nampirejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur, membenarkan pada WARTALIKA.id, Selasa pagi (13/8/2019) saat di temui di kediamannya di desa setempat.

“Mengenai pembangunan alokasi dana desa  tahun 2019 tahap pertama di Desa Nampirejo sudah tersalurkan dan terealisasi. Terima kasih atas kunjungan dan kontrol sosialnya di Desa Nampirejo,” ucap Riyanto kepada WARTALIKA.id.

Riyanto melanjutkan untuk Dana Desa (DD) tahun 2019 tahap pertama di Desa Nampirejo Sudah sukses kami realisasikan, untuk bangun fisiknya kami bangun gorong-gorong 8 unit dan  pemberdayaan untuk masyarakat. Sedangkan untuk pelaksanaan pengerjaannya saya percayakan pada Mukasroh sebagai Tim Pengelola Kegiatan (TPK) dan di dampingi Subagio selaku pendamping Lokal Desa (PLD) bersama Aris Susanto selaku Pendamping Desa (PD).

“Dalam pelaksanaan pembangunan harus selalu berkordinasi, dan saya menghimbau selalu utamakan kwalitas bangunan yang sesuai dengan juklak dan juknis yang sudah di tentukan. Karena saya selaku kepala desa bertanggung jawab dalam penggunaan anggaran untuk membangun dan menata Desa Nampirejo untuk semakin maju, nanti Mukasroh selaku TPK yang akan menjelaskan secara detilnya,” beber Riyanto.

Sementara, di tempat berbeda Mukasroh selaku Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Nampirejo membeberkan untuk tahap pertama Dana Desa (DD) 2019 Desa Nampirejo sudah terealisasi pada fisik bangunan gorong-gorong 8 unit di dusun I, serta di pemberdayaan masyarakat untuk insentif guru paud, guru ngaji, kader posyandu, PHBS poskesdes, PMT makan tambahan.

“Dan dalam pelaksanaan pengerjaan kami utamakan tenaga kerja dsri masyarakat kami sendiri. Alhamdulilah dengan Dana Desa (DD) ini manfaatnya langsung bisa di rasakan oleh masyarakat kami,” papar Mukasroh.

Untuk di ketahui Desa Nampirejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur sudah sukses merealisasikan tahap pertama Dana Desa (DD) tahun 2019, dan sudah mulai melanjutkan pembangunan tahap kedua anggaran dana desa (DD) tahun 2019.

Pewarta : Asril

GTV

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.