Desa Rejo Agung Sukses Realisasikan Dana Desa Tahap Pertama dan Kedua

  • Whatsapp
Kades Rejo Agung Sugiono
Foto : Kades Rejo Agung Sugiono

WARTALIKA.id – Mengentaskan kesenjangan pembangunan antar desa, dan masyarakat sebagai subjek penguatan pembangunan, sehingga terwujud pemberdayaan untuk masyarakat dan juga merupakan tujuan Pemerintah Pusat dengan mengalokasikan Dana Desa (DD).

Dana Desa (DD) merupakan program pemerintah pusat yang di alokasikan dari Angaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang di transfer melalui pemerintah Kabupaten/Kota. Begitu pula halnya yang sudah berlangsung di Kabupaten Lampung Timur.

Terkait berlangsungnya program Pemerintah Pusat alokasi Dana Desa (DD) tahun 2019 yang berlangsung dan terserap pada 264 desa di wilayah Kabupaten Lampung Timur ini pula tersalurkan pada Desa Rejo Agung Kecamatan Batanghari.

Sugino selaku Kepala Desa Rejo Agung Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur, membenarkan pada WARTALIKA.id, Senin (9/9/2019) saat bertemu di rumah kediamannya pada desa setempat.

“Benar mas, di desa kami Rejo Agung memang sudah tersalurkan mengenai Dana Desa (DD) dan ini sudah berlangsung disetiap tahunnya,” kata Sugino, yang akrab di panggil pak Haji ini.

Untuk di ketahui Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur yang di dalamnya terdapat 17 Desa, dan sudah terkucurkan alokasi Dana Desa (DD) tahun 2019 tahap pertama 20 % dan tahap kedua 40% dan saat ini masih belangsung pembangunnya.

Lanjut Sugino, untuk tahap pertama 20% Dana  Desa (DD) tahun 2019 Desa Rejo Agung realisasikan untuk fisik bangunan kami alokasikan pada Kesehatan Lingkungan (Kesling) untuk membangun  Jambanisasi 84 Unit serta pemasangan Wifi di kantor Desa dan pemberdayaan untuk Insentif Guru Paud, Guru Ngaji dan Insentif Kader Kesehatan.

“Dan untuk Tahap Kedua 40% kami realisasikan untuk pembangunan Drainase dengan panjang 1350 meter dan ini merata di setiap dusun dan juga kami alokasikan pada Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat (Pamsimas). Mengenai Tenaga Kerja kami utamakan masyarakat desa kami sehingga dengan dengan adanya Dana Desa  (DD) ini dapat langsung di rasakan oleh masyarakat,” kata Sugino.

Saya selaku kepala desa bertanggung jawab atas Dana Desa (DD) untuk membangun dan menata desa kami. Dan dalam pelaksanaan pembangunan ini, kata Sugino saya percayakan pada Sunardi selaku Tim Pengelola Kegiatan (TPK) di dampingi dan berkordinasi bersama Onik sebagai Pendamping Lokal Desa (PLD) bersama Aris selaku Pendamping Desa (PD).

Sementara, di tempat yang sama Sunardi selaku Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Rejo Agung Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur menambahkan, untuk pembangunan tahap pertama 20 % dari Dana Desa (DD) tahun 2019 untuk fisik pembangunan Jambanisasi 84 Unit merata di dusun I, II, III dan IV dan Insentif Guru Paud, Guru Ngaji serta Insentif Kader Posyandu. Pada pemberdayan dan juga Pemasangan Jaringan Wifi di kantor Desa.

“Untuk realisasi fisik di tahap dua 40 % di bangun drainase pada ukuran panjang 1350 meter di dusun I, II dan IV. Untuk kwalitas ini yang selalu kami utamakan dan dalam pelaksanaan pengerjaan kami sesuaikan dengan RAB yang sudah menjadi dasar jalannya pengerjaan bangunan pada setiap item bangunan di desa kami Rejo Agung ini,” jelas Sunardi.

Pewarta : Asril

  • Whatsapp

Pos terkait