King David Property Beri Pemahaman Beli Rumah Lelang

WARTALIKA.id – Komisaris King David Property, Robby Handoko menyebut sebagian orang melihat aset rumah lelang beranggapan sebagai rumah bermasalah sehingga mereka berpikir dua kali untuk membelinya.

“Walaupun memiliki legalitas sah, masih banyak orang menilai bahwa rumah lelang ini tidak sah secara hukum,’ ujar Robby dalam keterangan tertulis, Ahad (12/7).

Baca Juga :

Ia mencontohkan salah satu pemilik rumah yang sebelumnya masih merasa sah dalam memiliki rumah tersebut. Namun, ketika orang ini tidak sanggup membayar sisa Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) yang membebani rumah tersebut menjadi hak milik bank tempat KPR diambil.

Kemudian bank akan melelang rumah tersebut, dan menjualnya di harga nilai likuidasi.

“Dalam penentuan harga jual lelang tentunya setiap bank berbeda-beda. Ini tergantung kebijakan dari bank-bank yang akan menjual aset tersebut. Bank juga tidak sembarangan di dalam menentukan harga jual lelang karena mereka diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” jelas Robby.

Dalam hal ini, ia selaku consultan property lelang akan memberikan edukasi. Dipastikan bahwa membeli lewat rumah lelang bank itu aman.

“Awal mulanya mungkin memang setiap orang takut saat ingin membeli rumah lelang, karena mereka tidak mengetahui bahwa kita di lindungi negara,” paparnya.

Meski demikian, lanjut Robby, perlu mengetahui sah atau tidaknya beli dilelang itu. Dasarnya adalah Perjanjian Kredit (PK) sebelum nasabah mendapatkan kredit dari bank. Baik fasilitas KPR atau kredit modal kerja sudah mendatangani PK.

“Di dalam perjanjian PK sudah jelas ada pasal yang berbunyi bilamana debitur tidak membayar cicilan dan lain sebagainya, maka pihak bank atau finance berhak untuk mengalihkan (cessi) atau menjual aset tersebut tanpa persetujuan lagi debitur,” kata Robby.

Seperti diketahui, negara atau Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) sebagai penyelenggara yang akan mengeluarakan Risalah Lelang.

Risalah Lelang adalah berita acara pelaksanaan lelang yang dibuat oleh Pejabat Lelang yang merupakan akta otentik dan mempunyai kekuatan pembuktian sempurna.

“Kami King David Property hanya sebagai Event Organizer (EO) sedikit memberikan pemahaman saat membeli rumah lelang. Jika ada ingin menanyakan seputar beli rumah lelang silahkan datang ke kantor King David Property yang berlamat di Ruko Taman Palem Lestari Blok.B-18, Cengkareng, Jakarta Barat,” pungkas Robby.

Pos terkait