Beno Benyamin Muncul di Channel YouTube BosBro TV

  • Whatsapp
Beno Benyamin
AGUNG NUROHO

WARTALIKA.id – H. Beno Benyamin, Ketua Yayasan Benyamin Suaeb (YBS), anak ke 4 seniman legendaris Benyamin Suaeb manjadi bintang tamu di YouTube channel BosBro TV lewat kanal #TemuLawakDariRumah.

YouTube channel besutan Heru Bosbro dan kawan-kawan ini dengan konsep sketsa komedi dimana masyarakat dapat mengakses hiburan gratis candaan para pemain.

Bacaan Lainnya

Beno Benyamin sangat mendukung usaha para penggiat seni untuk beradaptasi dengan keadaan. “Seniman juga harus melek tekhnologi memanfaatkan saluran-saluran yang ada untuk dapat tampil dan memperoleh manfaat ekonomi,” katanya.

Menurut Beno, saat ini Yayasan Benyamin Suaeb (YBS) yang dipimpinnya tengah menggodok formula baru agar para seniman budaya Betawi tetap bisa bertahan di tengah keadaan yang telah berubah.

“Ke depan rencananya YBS akan menyelenggarakan pertunjukan-pertunjukan seni budaya secara virtual. Dan tentu saja bersama lembaga-lembaga pelestarian seni budaya Betawi akan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang mendukung promosi dan pemasaran seni budaya Betawi. Termasuk pelatihan-pelatihan produksi konten promosi pemasaran lewat YouTube dan media sosial,” ujar Beno.

Lebih lanjut Beno menyampaikan keprihatinannya dengan apa yang dialami para pelaku seni budaya Betawi di tengah pandemi Covid-19.

“Tentu perlu upaya dari semua pihak untuk dapat meningkatkan kembali pertunjukan seni budaya Betawi di tengah masyarakat. Kasihan banyak yang kompornya udah ditidurin kucing karena gak ada job,” beber Beno.

Sementara Heru BosBro pemilik kanal YouTube BosBro TV kepada WARTALIKA.id mengatakan, Temu Lawak dari Rumah merupakan konsep sketsa komedi yang mengangkat kehidupan sehari-hari. Yang unik dari konsep ini pemainnya tidak bertemu secara langsung, tapi produksi dari rumah masing-masing.

“Kita ingin kanal BosBro TV dengan program Temu Lawak dari Rumah jadi kanal yang interaktif dan bisa berinteraksi dengan audiens. Jadi di Temu Lawak dari Rumah, masyarakat diajak untuk bermain dengan para pemain yang ada. Bahkan bermain dengan sesama mereka,” kata Heru BosBro.

Perlu diketahui Heru BosBro merupakan sutradara video klip yang juga seorang seniman Betawi asli yang sudah malang melintang di dunia lawak sejak masih sekolah di SMEAN 12 Jakarta tahun 1988 bersama Kelompok Lawak DoeBes (Heru, Ucup Jambul dan Romi).

“Saya menjadi pelawak profesional sejak tahun 90an, tampil di TPI dan TVRI serta menjadi penyiar radio CBB FM 1994 dan Radio SK Humor Jakarta,” imbuh pria berambut gondrong ini.

Papa Zidan pemain tetap Temu Lawak dari Rumah menambahkan, disini kita membutuhkan kreatifitas yang tinggi, kita harus terus berinovasi seiring perkembanga zaman.

“Jadi kreatifitas itu memang diperlukan agar tetap eksis di jaman yang makin berubah. Dan itu bisa kita lihat dengan bermunculannya Chanel YouTube dan sosial media yang menampilkan bakat dan keterampilan di berbagai bidang,” ucap Papa Zidan.

Senada dengan Papa Zidan, Hony Irawan atau Cak Kiting yang juga aktif di YBS dan Temu Lawak dari Rumah menjelaskan, konten-konten seperti itu yang dibutuhkan saat ini. Tidak sekedar menjual empat S atau seks, sadis, setan dan sensasi, apalagi menampilkan unsur-unsur yang melanggar etika dan aturan yang ada.

“Saya kira perlu juga ada edukasi buat pelaku seni yang bermain di media elektronik supaya terhindar dari kasus hukum,” pungkas Cak Kiting.

Editor : Drey

Pos terkait