dr Ketty Notanubun : Program Prioritas adalah Membangun RS dan Puskesmas

  • Whatsapp
Ketty Notanubun
Foto : dr. Ketty Notanubun Kepala Dinas Kesehatan Maluku Tenggara sekaligus Direktur RSUD Karel Sadsuitubun Langgur

WARTALIKA.idKepala Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tenggara dr. Ketty Notanubun yang juga Direktur RSUD Karel Sadsuitubun Langgur saat ditemui usai kegiatan mengatakan bahwa sangat pentingnya kegiatan Forum Gabungan SKPD lintas sektor bidang Kesehatan ini guna membicarakan renca kerja perangkat daerah dengan mensinkronkan berbagai usulan usulan yang sudah terakomodir dari hasil Musrenbang Ohoi dan Musrenbang Tingkat Kecamatan se Maluku Tenggara dan membicarakan program prioritas yang terakomodir sebagai hasil kegiatan Forum Gabungan SKPD lintas Sektor Kesehatan, hal ini disampaikannya di BallRoom Suita Hotel, Senin 11 Maret 2019.

Ketty Notanubun juga menjelaskan bahwa program strategis dan prioritas kegiatan adalah membangun Rumah Sakit Pratama Elat, serta Pembangunan Puskesmas Watsin, dan Puskesmas Uwat Reyaan yang sudah memiliki sertifikat lahan tanah serta rehabilitasi ringan dan berat kepada beberapa Puskesmas lainnya seperti Pustu Ohoidertawun.

Bacaan Lainnya

“Dan hal ini akan dilihat dan disesuaikan dengan budgeting baik dari APBN dab APBD dan sudah saya mintakan kepada Para Camat untuk dapat membantu pihak Puskesmas terhadap data pendukung terhadap usulan pembangunan agar jangan nanti pada saatnya akan menjadi hambatan dalam pelaksanaan pembangunan nanti,” katanya.

Sementara terkait persiapan lima Puskesmas yang akan menghadapi Akreditasi, Ketty Notanubun mengatakan bahwa tetap akan selalu memperhatikan serta mendorong Para Kepala Puskesmas dan jajarannya untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berkatan dengan syarat masuk mengikuti Akreditasi nanti. Sedangkan bagi Puskemas yang sementara waktu mengalami maslah sosial yaitu terjadi Pemasangan sasi pada Puskesmasnya, dirinya mengharapkan agar masyarakat setempat dapat mendukung pihak Puskesmas dalam menghadapi Akreditasi ini.

Untuk menghadapi kegiatan Akreditasi ini, pihaknya sudah menyiapkan pendamping sebanyak lima orang sebagai Tim Akreditasi dari Kabupaten Maluku Tenggara untuk bersama pihak Puskemas bekerjasama melaksankan workshop, membangun Komitmen dengan Steuholder, Kepala Ohoi dan masyarakat karena ada tahapan tahapan yang akan dilalui baik dari tingkat Kabupaten, Provinsi dan Pemerintah Pusat.

Ketty Notanubun juga mengharapkan kepada masyarakat agar dapat memahami tujuan Akreditasi ini adalah bagaimana meningkatkan status Puskesmas ke jenjang yang lebih baik juga, olehnya itu dirinya mengharapkan dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara serta seluruh masyarakat tentang betapa penting dan manfaat adanya kegiatan Akreditasi bagi sebuah Puskesmas.

“Saya mengharapkan perhatian Pemerintah Kabupaten Maluku terhadap dua Puskesmas yang kini tengah diperhadapkan dengan masalah sasi dan pihak kami selalu menghormati kearifan lokal sebagai budaya kita di Nuhu Evav ini,” tutup Ketty Notanubun.

Pewarta  : Nor Safsafubun

Pos terkait