Puskesmas Hollat Ikut Akreditasi 2019, Camat Kei Besar Utara Timur Angkat Bicara

  • Whatsapp
Puskesmas Hollat
Foto : Henny Renjaan Kepala Puskesmas Hollat Kec. Kei Besar Utara Timur

WARTALIKA.idPemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tenggara menetapkan lima Puskesmas di Kabupateen Maluku Tenggara mengikuti Akreditasi sebagai upaya meningkatkan kapasitas Puskesmas ke level yang lebih baik. Sehingga Puskesmas Hollat Kecamatan Kei Besar Utara Timur turut serta menghadapi Program Kemenkes RI tentang Akreditasi Puskesmas, hal ini dikatakan Kepala Puskesmas Hollat Henny Renjaan usai Kegiatan Forun Gabungan SKPD bidang Keehatan di ball Room Suita Hotel Senin sore, 11 Maret 2019.

Henny Renjaan mengatakan bahwa Puskesmas Hollat Kecamatan Kei Besar Utara Timur sedang siap di Akreditasi, olehnya itu dirinya bersama staf serta Para Medis sudah menyiapkan berbagai persiapan untuk itu, baik yang terkait dengan administratif maupun pelayanan medis, teristimewa 6 program pelayanan yang menyentuh masyarakat di setiap ohoi/Desa di wilayah Kecamatan Kei Besar Utara Timur.

“Semua aspek pelayanan baik pelayanan yang bersifat administratif maupun yang lebih penting pelayanan kesehatan tak pernah pamrih melaksanakannya walaupun diperhadapkan dengan geografis wilayah Kecamatan Kei Besar Utara timur yang tak pernah bersahabat itu,” katanya.

Sementara sistem Pelayanan Medis, selain pelayanan di Puskesmas juga dilaksanakan pelayanan kesehatan disetiap Ohoi secara rotine setiap bulan empat kali pertemuan dengan masyarakat di Ohoi tentang pelayanan untuk KIA, Posyandu, Gizi Sehat serta penyuluhan tentang pentingnya MCK disetiap rumah, lingkungan agar menghindari terjadinya buang air besar disembarangan tempat.

“Kami selalu siap melaksanakan berbagai persiapan menghadapi Akreditasi ini dan tentunya akan dilaksanakan secara bertahap sehingga tahapan awal akan dihadapi dengan penuh sukacita dan dengan berbagai kekurangan yang ada sudah merupakan motivasi untuk tetap maju menghadapinya,” pungkas Henny Renjaan.

Ditempat yang sama juga Camat Kei Besar Utara Timur Johanis Theodorus Layanan angkat bicara bahwa Puskesmas Hollat sudah saatnya perlu peningkatan statusnya dan meraih yang terbaik, dan selaku Camat di Wilayah Kecamatan Kei Besar Utara Timur ini tetap mendukung sepenuhnya kepada Puskesmas Hollat dalam menghadapi Akreditasi ini.

“Dengan membangun Kesehatan Keluarga, Lingkungan Kita akan lepas dari Diare, DBD serta penyakit menular lainnya“

“Saya bersama Para Kepala Ohoi dan masyarakat untuk membangun komitmen mendukung pihak Puskesmas Hollat menghadapi Akreditasi ini, karena keberhasilan Akreditasi nanti juga merupakan keberhasilan seluruh masyarakat Kei Besar Utara Timur,” kata Camat Kei Besar Utara Timur.

Terkait dengan kesehatan Keluarga dan Lingkungan dirinya bersama Pihak Puskesmas Hollat melakukan penyuluhan tentang pemanfaatan MCK secara Umum maupun Pribadi untuk mencegah terjadinya buang air besar disembarangan tempat dan sudah berjalan dengan baik.

Layanan Camat Kei Besar Utara Timur (Hollat) menambahkan bahwa dirinya bersama pihak Puskesmas dan Para Kepala Ohoi sudah membangun Komitmen bersama menghadapi Akreditasi ini dan tetap mendukung sepenuhnya, “sedangkan terkait dengan penyediaan air bersih, bahwa air bersih untuk Puskesmas Hollat tidak diragukan lagi hanya tinggal perbaikan terhadap pipanisasi baik untuk Puskesmas sendiri maupun masyarakat Hollat secara keseluruhan,” tutup Layanan.

Pewarta  : Nor Safsafubun

Pos terkait