Cacar Ular (Herpes Zoster) Sembuhkan dengan Gula Bubuk

  • Whatsapp
cacar ular
Foto : Ilustrasi

WARTALIKA.id Cacar Ular/cacar api atau yang mempunyai nama ilmiah Herpes zoster adalah penyakit kulit menular yang disebabkan oleh Varicella zoster. Herpes zoster bisa menyerang siapa saja yang sudah pernah mengalami cacar air.

Berbekal pengalaman yang diderita ibunya 4 tahun yang lalu, Poerwo Santoso seorang netizen asal Kota Malang Jawa Timur ingin berbagi tips cara mengobati penyakit cacar ular.

Bacaan Lainnya

Pencegahan Covid 19

Dilansir dari siaran pers via grup WhatsApp, Poerwo Santoso menuturkan Mama saya sudah ke dokter mana saja sampai berobat keluar negeri pun tidak bisa sembuh, dan sudah habis uang sangat besar. Pada suatu saat kebetulan Mama saya yang sedang kena penyakit cacar ular akan berobat ke salah satu dokter spesialis perut, karena Mama perutnya lagi kembung.

“Saat dokter sedang memeriksa perut Mama saya, saya beri tahu dokter bahwa mama saya lagi kena Cacar Ular/Herpes Zoster dan sudah berobat kemana juga tidak sembuh. Tiap hari mama saya tak henti-hentinya merasa kesakitan dan sangat menderita sekali, sudah berlangsung selama hampir satu bulan lebih dan seakan sudah tidak bisa tertolong, maklum karena usianya lanjut dan kondisi sudah menurun,” kata Poerwo.

Dokter spesialis perut itu saat melihat perut Mama saya sangat terkejut sekali karena kulit perutnya sudah sampai benyek parah sekali. Lalu dokter berkata, “Waduuhh…Kok bisa sampai seperti ini ya??,” Kalau seperti ini terus, Mama akan tidak bisa bertahan lama lagi, karena kondisi Mama sangatlah lemah dan usianya sudah tua, bagaimana ia bisa kuat menahan sakitnya seperti ini?,” urai Purwo menirukan nada dokter.

Jangankan usia segini, lanjut Purwo orang muda saja sangat tersiksa sekali apabila terkena penyakit cacar ular ini. “Saya kasih tahu cara termudah untuk pengobatannya, dan biayanyapun sangat murah sekali. Obatnya pun mudah didapatkan di mana saja,” imbuhnya.

“Obat tersebut adalah gula. Ya.., hanya gula bubuk,” beber Purwo.

Cara mengobatinya juga mudah sekali hanya membersihkan dulu lukanya perlahan dengan air infus pengganti makanan, taruh di kapas yang steril  (bisa beli di apotik).

Setelah selesai, taburkan gula bubuk ke luka cacar ular hingga rata, lalu tutup atau dibalut yang sudah diberi gula bubuk dengan kain kasa lalu di ikat pelan-pelan atau di plester.

Cukup sekali saja membalutnya supaya kulit tetap bisa terkena oksigen dan tidak lembab karena keringat. Kemudian ulangi lagi, sehari ganti gula bubuknya 3 sampai 4 kali.

Jangan lupa tiap kali mengganti gula bubuk di tempat luka harus dibersihkan lagi dengan air infus dan pakai kapas steril.

Yang harus diperhatikan

Jangan mandi dulu karena lukanya tidak boleh terkena air.

Jangan terkejut jika nanti luka cacar ular tersebut tambah benyek atau agak berair dan mungkin ada bau kurang sedap, karena kuman dan bakteri yang makan gula tersebut telah mati.

“Mudah kan..?  Mama saya hanya dengan waktu 3 hari sembuh pakai cara dokter itu. Pengobatan Cacar Ular/Herpes Zoster seperti ini, besar kemungkinan masih belum diketahui banyak orang, Maka dari itu saya ingin berbagi tips ini kepada semua penderita. Semoga bermanfaat bagi Anda,” tutup Purwo. [PR]

HUT PERSIT KCK

Pos terkait