Sosialisasi TPU Umum Desa Salit Dialihkan Menjadi Tempat Pemakaman Korban Covid 19

  • Whatsapp
TPU Umum Desa Salit
AGUNG NUROHO

WARTALIKA.id – Sosialisasi penetapan tanah pemerintah menjadi TPU penyakit menular dan covid 19 digelar di Desa Salit Kec. Tigapanah Kab. Karo Sumatera Utara. Kamis (04/06/2020).

Dalam sambutannya, Kadiskes Karo, dr Irna Sembiring milala menyampaikan, terkait pemakaman korban Covid19 di Desa Salit, pihaknya hanya menjalankan peraturan dari Kemenkes RI.

Bacaan Lainnya

“Kami hanya menjalankan aturan, sedangkan korban Covid19 maksimal 4 jam harus di makamkan sesuai standar protokol kesehatan,” ujarnya.

Kemudian, Ketua Gugus Tugas Ir. Martin Sitepu menuturkan adanya dampak sosial bagi warga sekitar. Namun, usulan tersebut akan dibawa rapat bersama DPRD Kabupaten Karo untuk mencari solusinya.

“Jadi, bilamana terjadi penolakan barang atau hasil pertanian Desa Salit Pemerintah Kabupaten Karo akan membuat selebaran melalui media cetak dan online, media sosial,” katanya.

Lalu ketika mayor perangin angin mengatakan apakah masyarakat bisa mengajukan keberatan atau menggugat pemerintah keberatan dan melarang yang terkena covid 19 di kebumikan di desa salit.

Selanjutnya, Kapolsek Tigapanah, AKP R. Simanjorang menegaskan, jika warga keberatan dan menghalangi petugas, Polri akan menindak tegas sesuai hukum dengan dasar hukum dan legalitas dari Pemkab Karo.

“Hal itu karena Pemkab Karo pernah sosialisasi membuat surat secara umum, namun tidak ada tanggapan dari masyarakat. Sehingga dianggap masyarakat Desa Salit setuju dengan dibuatnya TPU umum sebagai tempat pemakaman korban Covid19,” tutupnya.

Turut hadir dalam acara, Bupat Karo diwakilkan Dandim 0205/TK, Kapolres Tanah Karo, diwakilkan Kabag Ops, Ketua gugus tugas, Kepala Dinas Kesehatan, Kasis Perkim, Direktur rumah sakit umum, Kasat intelkam Polres Tanah Karo, Kepala Desa Salit beserta perangkat Desa Salit, dan warga Desa Salit sekitar 250 orang.

Pewarta : Rinaldi

Pos terkait