Pemkab Tanjab Barat Sediakan Rapid Test Gratis Bagi Warga Terpapar Covid-19

  • Whatsapp
Pemkab Tanjab Barat
AGUNG NUROHO

WARTALIKA.id –  Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19, Bupati Tanjabbar, Safrial melalui Juru Bicara Tim Gugus Tugas pencegahan dan penanganan Covid-19, Taharuddin menegaskan bahwa Rapid Test dilakukan di puskesmas dengan tidak dibebankan biaya atau gratis. Pemkab Tanjab Barat sediakan Rapid Test gratis bagi warga yang terpapar pandemi corona (Covid-19).

Rapid Test gratis tersebut diperuntukan bagi warga Tanjabbar yang terpapar atau ada gejala covid-19. Mulai dari orang tanpa gejala (OTG), orang dalam pemantauan (ODP) maupun pasien dalam pengawasan (PDP).

Bacaan Lainnya

“Ya, digratiskan di semua puskesmas bagi yang sudah ditetapkan OTG, ODP, maupun PDP, karena mereka memang tanggungjawab Pemkab,” terang Taharuddin, Jumat (5/6/20).

Dijelaskan Taharuddin, total sekitar 847 orang sudah dilakukan rapid test di Tanjabbar. Dan rapid test akan terus dilakukan sesuai dengan perkembangan penanganan wabah Covid-19 dan warga yang terapapar wabah mematikan tersebut.

“Ya, sudah hampir 847 yang kita rapid test, ada yang dari bantuan provinsi dan proses pengadaan kita peralatannya,” papar Taharuddin.

Hanya saja, ada pengecualian bagi warga yang ingin mendapatkan surat keterangan sehat, karena alasan kebutuhan akan melakukan perjalanan keluar daerah.

Kata Taharuddin, disarankan untuk melakukan Rapid Test mandiri yang terdapat di klinik maupun tempat dokter praktek. Pasalnya, puskesmas tidak melayani rapid test secara mandiri.

“Ya, untuk yang mandiri di luar pemkab,” ujar Taharuddin.

Pewarta : Nir

Pos terkait