Dinas Sosial DKI Jakarta Resmikan 5 Gedung SKKT

  • Whatsapp
Dinas Sosial DKI Jakarta

WARTALIKA.id – Untuk mengoptimalisasikan peran karang taruna, Dinas Sosial DKI Jakarta meresmikan secara serentak lima Gedung Sasana Krida Karang Taruna (SKKT) di wilayah kota Administrasi Jakarta Timur, pada Kamis (24/01/2019). Peresmian gedung hasil rehab tersebut merupakan SKKT yang ada di Kelurahan Malaka Jaya, Kelurahan Cakung Timur, Kelurahan Kramat Jati, Kelurahan Klender, dan Kelurahan Jatinegara Kaum.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah menyampaikan, gedung SKKT ini bisa menjadi wadah bagi para pemuda melalui karang taruna sebagai pintunya untuk digunakan dalam aktivitas kepemudaan secara keseluruhan.

Bacaan Lainnya

“Aktivitas kepemudaan sekarang ini tidak hanya dinas sosial tapi juga dinas olahraga, dinas pariwisata, juga ikut di dalamnya. Jadi semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKDP) terkait kita integrasikan menjadi satu,” ungkap Irmansyah Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta.

Dengan cara seperti itu, katanya, akan dirasakan manfaatnya secara maksimal oleh para pemuda. Karena pemuda-pemuda ini merasa difasilitasi secara penuh untuk dapat berkarya dan berkreativitas.

“Selama ini masing-masing jalannya. Sekarang di tahun 2019 seluruhnya diintegrasikan. Insya allah hasilnya akan jauh lebih optimalkan,” tambah Irmansyah.

Ia juga melanjutkan, pembinaan untuk karang taruna pun cukup banyak. Mulai dari pembinaan yang bersifat kewirausahaan, pembinaan berupa pembekalan kompetensi agar bisa diterima di dunia kerja, hingga membangun komunitas seperti koperasi pemuda, yang nanti akan dihubungkan dengan para pemodal dan pihak lainnya yang bisa membantu.

“Kemudian akan ada aktivitas seperti Pak Gubernur sampaikan yaitu teater. Karena teater sangat bagus untuk melatih percaya diri, melatih untuk bagaimana mereka berbicara bisa lebih fasih lebih lancar, ini diperlukan,” terang Irmansyah.

Laporan Plt Kasudinsos Jakarta Timur ke Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta

Sementara Plt Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Timur, Benny Martha mengemukakan, kepengurusan karang taruna di Kota Jakarta Timur yang ada di 65 kelurahan masing-masing kelurahan beranggotakan kurang lebih 35 orang. Sedangkan anggota karang taruna yang ada di kecamatan masing-masing berjumlah sekitar 30 orang. Kemudian kepengurusan yang ada di tingkat kota berjumlah sekitar 45 orang

“Untuk pembinaan karang taruna, Sudin Sosial Jakarta Timur berupaya memfasilitasi aktivitas pemuda dengan mengoptimalkan fungsi SKKT sebagai sarana untuk terselenggaranya pembinaan, pengembangan, kreativitas dan keterampilan generasi muda,” tukas Benny.

Pewarta : Sugeng

Pos terkait