Tiga JPO Kekinian Diresmikan Anies di Jalan Sudirman

  • Whatsapp
JPO Kekinian

WARTALIKA.idGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan tiga Jembatan Penyeberangan Orang atau JPO kekinian yang artistik di Jalan Jenderal Sudirman. Adapun ketiga JPO kekinian tersebut masing-masing yakni, JPO Bundaran Senayan, JPO Gelora Bung Karno (GBK), dan JPO Polda Metro Jaya, Kamis (28/02/2019).

Anies berharap, diresmikannya JPO kekinian menjadi babak baru bagi penataan kota di Jakarta. Bukan saja mengenai fungsinya untuk bisa memenuhi kebutuhan warga, tetapi artistiknya bisa membawa suasana baru, suasana indah yang membahagiakan.

“Dua JPO kekinian itu sudah tuntas pembangunannya, dan satu lainnya (JPO Polda Metro Jaya-red) dalam tahap finishing,” ujarnya, di lokasi peresmian.

Anies menjelaskan, JPO kekinian dibangun dengan desain yang unik, artistik, serta didukung dengan tata pencahayaan yang akan bisa menambah estetika kota. Bahkan, saat ini sudah menjadi rujukan foto-foto urban.

“JPO dan trotoar harus dibangun bukan hanya sekadar memfasilitasi pejalan kaki maupun pengguna transportasi umum. Tapi, juga menghadirkan pengalaman yang menarik serta berkesan,” terangnya.

Anies menambahkan, revitalisasi ketiga JPO kekinian itu sudah dirancang agar ramah terhadap penyandang disabilitas.

“Kita ingin Jakarta menjadi contoh pelaksanaan kesetaraan dalam semua aspek bagi warga,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Bina Marga, Hari Nugroho menuturkan, pembangunan ketiga JPO kekinian itu menelan biaya sekitar Rp 53 miliar. JPO akan dilengkapi dengan lift dan closed circuit television (CCTV). Ketiga JPO ini akan dilengkapi CCTV yang beroperasi 24 jam dan fasilitas lift dimana akan beroperasi pada Mei 2019.

“Alhamdulillah, kita bisa menghadirkan JPO yang ramah bagi penyandang disabilitas, wanita hamil, lansia, dan anak-anak,”. Selain artistik JPO ini juga memenuhi kaidah pembangunan struktur yang kokoh karena memiliki struktur baja, lantai dan railling menggunakan material biowood GRM (Green Resource Material), atap solid polycarbonate anti UV, warna transparan, cincin arsitektural sandwich panel (Poly Isocyanurate Rigid form berlapis aluminium), lampu LED (Light Emitting Diode) dan strip RGB (Red, Green, Blue),”tandasnya.

Pewarta : Sugeng

  • Whatsapp

Pos terkait