Peringati Hari Kartini, Penyandang Disabilitas Ikuti Kartini Run 2019

  • Whatsapp

WARTALIKA.id – Para penyandang disabilitas ikut merayakan Hari Kartini dengan mengikuti ‘Kartini Run 2018’. Mereka mendorong kursi roda dengan wajah ceria dan semangat mengikuti acara tersebut, Minggu, 07 April 2019, sebanyak 23 orang penyandang disabilitas yang merupakan warga Binaan Panti Sosial Bina Dhaksa (PSBD) Budi Bhakti, Dinas Sosial DKI Jakarta turut meramaikan euforia pelaksanaan Kartini Run 2019.

Acara ini dibuka oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Mufidah Jusuf Kalla. Keduanya melakukan seremoni flag off sebagai simbol pembukaan acara, yang didampingi Ketua Pembina Bhayangkari Tri Suwasti. Menariknya, dalam lomba lari ini para peserta banyak yang mengenakan kostum unik sebagai bentuk kecintaan mereka terhadap kearifan lokal.

Kepala Panti Sosial Bina Dhaksa (PSBD) Budi Bhakti Beny Martha mengungkapkan, keikutsertaan warga binaan yang berasal dari Sasana Bina Daksa Budi Bhakti ini merupakan salah satu upaya memotivasi mereka untuk tampil percaya diri.

“Mereka didorong untuk percaya diri dengan apa yang mereka miliki. Keterbatasan bukanlah hambatan untuk mengikuti acara seperti ini,” ujar Beny.

“Tak apa orang lain berlari 5K, 10K, kami menunjukkan, mereka juga bisa meskipun menggunakan kursi roda. Semangat itu yang perlu ditunjukkan,” tambahnya.

Pengelola Sasana Bina Daksa, Lili Ali menjelaskan, dalam pelaksanaannya warga binaan sangat antusias mengikuti Kartini Run 2019. “Kami berkumpul di sini sekitar jam setengah 7 pagi. Ada sepuluh petugas pendamping. Saat acara dimulai, mereka mampu berjalan hingga empat kilometer,” tutur Ali.

“Meskipun perlahan, tapi setidaknya apa yang mereka lakukan dapat menjadi contoh bagi kita semua. Mereka saja punya semangat, harusnya kita juga punya semangat itu,” lanjutnya.

Acara Kartini Run 2019 merupakan lomba lari 10 km yang secara istimewa diadakan dalam rangka menyambut hari emansipasi perempuan Indonesia, yakni hari Kartini pada 21 April.

Tahun ini, Kartini Run 2019 dimulai dari Cawan Monas Barat Daya -Jl. Merdeka Selatan-Jl. Merdeka Barat-Jl. Majapahit-Jl. Gajahmada-Jl. Hayam Wuruk-Jl. Pintu Besar Selatan-Jl. Jembatan Batu putar balik-Jl. Hayam Wuruk – Finis di Cawan Monas.

Lomba lari ini terdiri dari beberapa kategori, di antaranya 10 K, 5 K, funwalk, kids dash serta kategori pelari penyandang disabilitas.

Pewarta : Sugeng

  • Whatsapp

Pos terkait